Breaking News:

Sleman

Satpol PP Sleman Sediakan 20 ribu Masker untuk Operasi Simpatik Masker

Sejauh ini pihaknya melakukan pemantauan di pasar dan di jalan-jalan, dan masih ditemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker, walaupun jumlahnya

health
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Satpol PP Sleman terus melakukan edukasi agar masyarakat taat mengenakan masker saat berada di luar rumah.

Terlebih saat ini ada peningkatan kasus Covid-19 di DIY. Langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan operasi simpatik masker.

Plt Kasat PoL PP Sleman Arif Pramana, operasi simpatik masker ini dilakukan mengingat dalam setiap operasi yang dilakukan Sat Pol PP masih juga ditemui warga yang tidak memakai masker.

Dengan pembagian masker gratis ini diharapkan menjadi budaya bagi warga untuk selalu memakai masker bila diluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain.

Warga Bantul yang Berkeliaran Tanpa Masker Bakal Kena Tilang Rp 100 Ribu

Sejauh ini pihaknya melakukan pemantauan di pasar dan di jalan-jalan, dan masih ditemukan masyarakat yang tidak menggunakan masker, walaupun jumlahnya memang sedikit.

Seperti yang dilakukan di Pasar Jambon belum lama ini, dari 700 masker yang dibawa, hanya ada 37 orang yang mendapatkan masker gratis dari Satpol PP.

"Masyarakat itu sebenarnya sudah taat, tapi masih ada 5-10% yang tidak mengenakan masker. Tugas kita mengedukasi masyarakat agar yang mengenakan masker saat berada di luar bisa 100%," ujarnya.

Dari pantauannya, masyarakat yang tidak menggunakan masker beralasan ketinggalan, tidak punya, merasa sesak napas bila memakai masker.

"Kalau yang sepuh katanya sesak. Tapi orang tua rentan terpapar, jadi tetap harus dilakukan edukasi," imbuhnya.

Sasaran lain selain pasar adalah pengguna jalan.

Dalam operasi simpaktik masker di jalan Pangukan, Jalan godean dan Jangkang, hanya sedikit masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Operasi Patuh Progo 2020, Warga Gunungkidul Diimbau Kenakan Masker Saat Berkendara

Dari 1000 masker yang dibawa di tiap lokasi dalam satu waktu, hanya sedikit masker yang terbagikan.

Misalnya di Pangukan hanya ada 77 pengguna jalan yang tidak mengenakan masker, di Godean terdapat 88 dan di Jangkang hanya 123 masker yang dibagikan.

Ia mengungkapkan, masker-masker tersebut pengadaanya dari anggaran dana tidak terduga.

Dan dalam operasi simpatik ini pihaknya mengalokasikan dana untuk 20 ribu masker.

"Nanti endingnya kemudian di awal Agustus akan dilakukan operasi serentak di 17 kecamatan, dengan masing-masing 500-1000 masker per-kecamatan," tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved