Bisnis

Permohonan Sertifikasi HKI UMKM DIY Cenderung Stabil Selama Semester I

Berdasarkan data Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) DIY tercatat bahwa pengajuan permohonan hak kekayaan intelektual (HKI) oleh usah

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ģinting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Berdasarkan data Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) DIY tercatat bahwa pengajuan permohonan hak kekayaan intelektual (HKI) oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) selama semester I cenderung stabil.

Di mana, permohonan HKI UMKM pada Januari tercatat sebesar 16 pemohon, lalu Februari mengalami kenaikan menjadi 21 pemohon.

Kemudian pada Maret, mengalami lagi penurunan menjadi 19 pemohon, pada April meningkat menjadi 44 pemohon. Dan pada Mei dan Juni berturut-turut sebesar 31 dan 20 pemohon.

Kepala Sub Bidang Pelayanan HKI, Kanwil Kementerian hukum dan HAM DIY, Vanny Aldila mengatakan, meskipun terlihat adanya penurunan dan kenaikan pada tiap bulannya.

Namun, secara statistik angka tersebut cenderung masih relatif stabil.

Panduan New Normal Bagi UMKM DIY Masih dalam Tahap Perumusan

"Sebenarnya jumlah angka pemohon HKI terutama pada merek dagang masih normal. Apabila terjadi penurunan pun tidak signifikan jika dihitung secara per bulannya," jelas Vanny kepada TRIBUNJOGJA.COM,pada Selasa (21/07/2020).

Sementara itu, akumulasi pada periode Januari-Juni 2019 tercatat jumlah pemohon HKI dari UMKM sebanyak 957 unit.

Sedangkan, untuk pada periode Januari -Juni 2020 berdasarkan data hanya 151 unit dari sektor UMKM yang mengajukan pemohonan sertifikasi produk.

"Kalau 2019 lalu, memang pemohon banyak karena dulunya untuk pendaftaran HKI bisa dilakukan dari banyak rekomendasi seperti badan ekonomi kreatif, Pemda DIY, dan kabupaten wilayah DIY. Kalau sekarang, hanya bisa dilakukan atas rekomendasi dari pemda DIY, saja," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved