Breaking News:

ADVERTORIAL

Grab Hadirkan 6 Solusi Digitalisasi UMKM di DIY Agar Bisa #TerusUsaha

Untuk memberikan percepatan proses transformasi digital ratusan ribu UMKM, Grab meluncurkan program #TerusUsaha di Kota Yogyakarta.

TRIBUNJOGJA.COM / Maruti Asmaul Husna Subagio
Grab pada Selasa, 21/7/2020 meluncurkan program #TerusUsaha di Kota Yogyakarta. Program ini berisi 6 solusi akselerasi yang dikhususkan bagi para pelaku UMKM dengan melatih dan meningkatkan keterampilan mereka guna meningkatkan pengetahuan dan daya saing. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Untuk memberikan percepatan proses transformasi digital ratusan ribu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), aplikasi Grab hari ini (Selasa, 21/7/2020) meluncurkan program #TerusUsaha di Kota Yogyakarta.

Program ini berisi 6 solusi akselerasi yang dikhususkan bagi para pelaku UMKM dengan melatih dan meningkatkan keterampilan mereka guna meningkatkan pengetahuan dan daya saing.

Di DIY, Grab juga bekerja sama dengan pemerintah untuk mendigitalisasi ratusan pasar di Sleman lewat layanan GrabAssistant dan menyediakan armada GrabExpress untuk pengantaran barang UMKM dari aplikasi SiBakul.

Grab juga mengumumkan pembukaan Grab Merchant Center di DIY untuk mempermudah proses digitalisasi UMKM kuliner.

Berdasarkan data Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, terdapat 248.499 UMKM pada awal 2019 dengan 28,5 persen di antaranya mengisi sektor perdagangan.

Dukung UMKM Go Digital, Grab Luncurkan GrabMerchant

Sektor inilah yang banyak membentuk para tenaga kerja informal atau gig worker di DIY.

Berdasarkan riset dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, gig workers di empat layanan Grab secara keseluruhan berkontribusi sebesar Rp830 miliar pada perekonomian DIY pada 2019 lalu.

Para pekerja informal merupakan tulang punggung perekonomian DIY dengan kontribusi yang cukup besar.

Dalam peluncuran program #TerusUsaha melalui Webinar, Selasa (21/7/2020), Head of West Indonesia Grab Indonesia, Richard Aditya mengatakan sangat percaya hadirnya digitalisasi akan membantu UMKM bertahan dalam masa sulit sekali pun, serta masa depan bisnis yang lebih terjamin.

Halaman
123
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved