Breaking News:

Peringatan Hari Keluarga Nasional, BKKBN DIY Targetkan 8.150 Akseptor KB

Peringatan Hari Keluarga Nasional, BKKBN DIY Targetkan 8.150 Akseptor KB

ist
keluarga berencana kb_ 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan 8.150 askeptor keluarga berencana (KB) saat peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh pada Senin (29/6/2020) hari ini.

Target tersebut terbilang rendah, karena dibandingkan dengan Jawa Barat yang mencapai sekitar 14.000 akseptor.

Kepala BKKBN perwakilan DIY Ukik Kusuma Kurniawan menyampaikan saat ini ada tiga rumpun persoalan yang wajib diselesaikan.

Ketiganya yakni persoalan stunting, kependudukan, dan persoalan keluarga berencana (KB). Tiga hal tersebut menjadi target yang harus dikendalikan oleh BKKBN.

Untuk persoalan stunting, secara tegas dirinya mengakui jika tiga Kabupaten di DIY yakni Kabupaten Kulonprogo, Bantul, dan Gunung Kidul menjadi wilayah tertinggi kasusnya.

Persoalan kedua, terkait kesejahteraan kependudukan mulai dari balita, remaja hingga lansia.

Yang ketiga, terkait peningkatan akseptor KB oleh masyarakat DIY. Jika melihat data yang ada, target akseptor 8.150 sangatlah mudah dicapai oleh tim BKKBN.

Pemrov Jateng Sudah Ajukan Data Tenaga Medis ke Pemerintah Pusat untuk Mendapatan Insentif

Wawali Kota Yogya Minta Disperindag Perketat Penerapan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional

Karena dari jumlah desa yang ada di DIY saat ini sebanyak 438 desa. Dari jumlah target akseptor jika dibagikan dengan jumlah desa, itu artinya untuk satu desa hanya butuh 24 akseptor.

Sementara untuk satu desa, rata-rata hanya ada delapan dusun. Jika diperkecil lagi, untuk satu dusunnya hanya butuh tiga akseptor saja untuk memenuhi target tersebut.

Namun, dari data BKKBN DIY, tren data peserta KB aktif mulai Januari hingga April 2020 potensi putus layanan dan memiliki kerentanan terjadi kehamilan yang tak diingunkan, terjadi pada bulan Februari.

Halaman
12
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved