Breaking News:

Yogyakarta

Ruang Publik di Kulon Progo Masih Butuh Perhatian Terkait Sarana Pendukung PHBS

Beberapa ruang publik di Kulon Progo masih butuh perhatian terkait sarana pendukung pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

TRIBUNJOGJA.COM / Irvan Riyadi
Kulon Progo 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Irvan Riyadi

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Beberapa ruang publik di Kulon Progo masih butuh perhatian terkait sarana pendukung pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sarana pendukung tersebut seperti tempat mencuci tangan yang dapat digunakan oleh warga masyarakat ketika berada di tempat-tempat publik, seperti pasar dan alun-alun.

Tempat-tempat seperti yang disebutkan, dari pantauan Tribunjogja.com, setiap harinya tidak pernah sepi dari aktivitas warga Kulon Progo.

Terkait fasilitas PHBS yang dimaksud, seperti tempat mencuci tangan, atau membersihkan diri, pada dasarnya memang menjadi kebutuhan yang wajib untuk diperhatikan keberadaannya.

Terlebih, berkaitan dengan masa pandemi covid-19, dan menuju tatanan kenormalan barunya.

Jelang Tahun Ajaran Baru, Sekolah-sekolah di Kulonprogo Siapkan Fasilitas Pendukung PHBS

Muhammad Fadli (23), seorang warga yang mengaku rutin mengakses alun-alun untuk kegiatan olahraga menuturkan, ketersediaan sarana mencuci tangan di alun-alun sudah cukup baik.

"Di sini kan sudah cukup banyak sih ya, tapi yang bisa digunakan publik kan paling yang memang umum, atau di kamar mandi umum juga bisa. Kalau yang lain kan, sepertinya disediakan sama pedagang-pedagang, kalau nggak belanja, sungkan, jadi ke wastafel, atau kamar mandi," ujarnya, Sabtu (27/6/2020).

Selain itu, menurutnya, yang paling penting pula adalah kesadaran tiap-tiap orang untuk memperhatikan kebersihan.

"Paling enak kalau semuanya sadar kebersihan sih, jadi merasa saling melindungi, itu kalau soal virus, ya. Selain itu, tetap kebersihan ya harus dijaga," terangnya.

Halaman
1234
Penulis: Irvan Riyadi
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved