Breaking News:

Kota Yogyakarta

Seperti Pendatang, Mahasiswa Wajib Membawa Surat Sehat dan Isolasi Mandiri

Mahasiswa yang datang ke Kota Yogyakarta diperlakukan sama dengan pendatang dari luar Kota Yogyakarta.

Tribunjogja/Christi Mahatma
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi memberikan keterangan kepada wartawan usai zoom meeting di Ruang Yudistira Balaikota Yogyakarta, Selasa (16/06/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Mahasiswa yang datang ke Kota Yogyakarta diperlakukan sama dengan pendatang dari luar Kota Yogyakarta.

Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan pihaknya akan memonitor mahasiswa luar DIY yang masuk ke Kota Yogyakarta.

Dengan demikian, mahasiswa juga wajib menyertakan surat kesehatan dari daerah asal.

Selain menyertakan surat sehat dari daerah asal, mahasiswa juga diharapkan melakukan pemeriksaan di puskemas, dan menjalani isolasi selama 14 hari.

DPRD Dukung Langkah Pemda DIY Susun Protokol Kesehatan Bagi Mahasiswa Luar Daerah

"Sebagian sudah ada yang datang (mahasiswa luar DIY), terutama yang akan melakukan proses perkuliahan, sudah mau wisuda, karena ada bimbingan untuk wisuda. Kita perlakuan mahasiswa seperti kalau ada orang yang datang ke Jogja,"katanya, Rabu (24/06/2020).

"Mekanismenya hampir sama, cuma sekarang harus membawa surat sehat dari daerah asal atau rapid tes atau PCR. Minimal surat keterangan sehat. Nanti kita mimta periksa lagi setelah sampai. Tetap kita monitor," sambungnya.

Menurut dia Juli menjadi tantangan besar bagi Pemkot Yogyakarta untuk mengendalikan kasus COVID-19.

Sebab sebagian besar kasus COVID-19 karena perjalanan dari luar kota, sehingga protokol pencegahan harus benar-benar ditaati.

"Kasus kita memang landai, tetapi bukan berarti tidak ada potensi. Juli memang menjadi tantangan kita untuk bisa mempertahankan. Kalau sampai kita gagal, berarti kita belum siap menerapkan new normal. Makanya kedisiplinan dari masyarakat ini sangat penting," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved