Sleman

Tak Ada UN, Syarat Jalur Prestasi PPDB SMP Sleman Menggunakan Nilai Rapor

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Kabupaten Sleman untuk tahun ajaran 2020/2021 akan berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

internet
ilustrasi PPDB 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP di Kabupaten Sleman untuk tahun ajaran 2020/2021 akan berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada tahun ini semua SMP Negeri di Sleman melakukan PPDB secara daring di mana pendaftaran akan dibuka mulai 17 Juni 2020. Perbedaan lainnya adalah untuk jalur prestasi akan memperhitungkan nilai rapor.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Arif Haryono menjelaskan, di Kabupaten Sleman akan terdapat 54 SMP Negeri yang akan melaksanakan PPDB secara daring.

Sedangkan untuk SMP swasta akan diserahkan sepenuhnya ke masing-masing sekolah, bisa menempuh metode daring ataupun konvensional namun tetap menerapkan phyisical distance.

PPDB Online SMP, Orang Tua/Wali Diminta Teliti dalam Setiap Tahapan

"Seluruh SMP Negeri di Kabupaten Sleman harus melaksanakan PPDB secara daring. Sedangkan SMP Swasta diserahkan kepada masing-masing sekolah. Apabila SMP Swasta akan melaksanakan PPDB daring, Dinas Pendidikan akan memberikan fasilitasi," ujarnya.

Namun demikian dari hasil koordinasinya dengan beberapa SMP swasta, Arif mengatakan bahwa sejauh ini banyak sekolah swasta yang akan menggunakan jalur daring.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk ketentuan per rombongan belajar atau kelas tidak boleh lebih dari 32 siswa. Hal tersebut berlaku di SMP Negeri maupun SMP Swasta di Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut diterangkannya soal PPDB SMP negeri di Sleman, akan menggunakan empat jalur. Empat jalur tersebut meliputi jalur zonasi dengan kuota 50 persen, jalur afirmasi 15 persen, jalur perpindahan tugas orangtua 5 persen, serta jalur prestasi 30 persen.

Terkhusus untuk jalur prestasi, ia menyebutkan bahwa dalam prosesnya akan berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Hal itu lantaran untuk tahun ini tidak ada ujian nasional.

Hari Pertama PPDB KKO Lancar

"Maka dari itu untuk jalur prestasi akan menggunakan nilai rapor semester 7,8,9,10, dan 11 dengan bobot 80%," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Santo Ari
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved