Progres Tiga Lembaga yang Terus Berupaya Kembangkan Vaksin Virus Corona di Indonesia

Sejumlah negara berlomba-lomba untuk segera menemukan vaksin yang tepat, mulai dari pemerintahan hingga instansi swasta atau industri

Editor: Muhammad Fatoni
dok.ist/via tribun padang
Ilustrasi vaksin virus corona covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM - Memasuki bulan kelima sejak kasus pertama virus corona diidentifikasi, pandemi masih terus berlangsung di dunia, termasuk Indonesia.

Para ahli terus melakukan penelitian dan pengembangan vaksin yang diharapkan mampu menghambat kecepatan penyebaran dan penularan virus corona SARS-CoV-2.

Sejumlah negara berlomba-lomba untuk segera menemukan vaksin yang tepat, mulai dari pemerintahan hingga instansi swasta atau industri.

UPDATE Sebaran Virus Corona di Indonesia hingga Sabtu 30 Mei Pagi, Data Rincian Kasus di 34 Provinsi

Sri Sultan HB X Tak Ingin Tergesa-gesa Terapkan New Normal di Wilayah DIY

Beberapa lembaga atau instansi di Indonesia juga tengah merencanakan dan mengembangkan vaksin virus corona ini.

Melansir dari berbagai pemberitaan, berikut adalah beberapa pihak yang tengah mengembangkan vaksin virus corona di Indonesia:

1. Kalbe dan Genexine

Terbaru, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melakukan penandatanganan kerja sama dengan Genexine, Inc., yaitu sebuah perusahaan obat biologi dari Korea Selatan untuk mengembangkan vaksin Covid-19.

Mengutip Laporan Informasi atau Fakta Material dari laman resmi IDX Indonesia, disebutkan bahwa uji klinis vaksin Covid-19 yang dikembangkan akan dilakukan pada Juni 2020.

Riset vaksin sendiri telah dilakukan terhadap primata dan terbukti menghasilkan antibodi yang mampu menetralisir virus corona jenis baru.

Menurut fakta material, disebutkan bahwa tahap berikutnya akan diuji pada manusia.

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

2. LBM Eijkman

Diberitakan Kompas.com, 19 Mei 2020, salah satu lembaga di Indonesia yang tengah berupaya melakukan pengembangan vaksin adalah Eijkman Institute for Moleculer Biology (LBM Eijkman).

Menurut Direktur LBM Eijkman Prof Amin Soebandrio, teknologi yang digunakan untuk membuat vaksin dari instansinya adalah recombinant protein vaccines.

Pengembangan ini menggunakan isolat virus Indonesia, dengan produksi speed vaccine Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved