Pendidikan

Disdikpora DIY Masih Godog SOP New Normal KBM di Sekolah

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY saat ini tengah mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) apabila new normal akan diterap

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY saat ini tengah mempersiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) apabila new normal akan diterapkan pada kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY, Didik Wardaya mengatakan kebijakan tersebut tengah di-godog dan belum selesai.

"Kita mempersiapkan kondisi itu jika harus masuk. Makanya SOP new normal itu yang kita godog. Saat ini baru mempersiapkan menyusun itu. Kita minta masukan dari beberapa pihak," ujarnya ketika dihubungi, Jumat (29/5/2020).

Selain itu Disdikpora DIY juga harus menyusun kalender pendidikan untuk satu tahun ke depan.

Belajar di Rumah Diperpanjang, Siswa Masuk Awal Tahun Ajaran Baru

Didik menjelaskan, pada prinsipnya, apabila new normal akan diterapkan pada KBM, tentu standar penanggulangan Covid-19 juga harus terpenuhi.

Sebelum masuk, sekolah harus melakukan inventarisasi terlebih dahulu

"Guru-guru mana yang bisa masuk artinya dari sisi kesehatan tidak ada masalah. Posisi di sekolah mereka (guru dan siswa) harus tetap pakai masker," ujar dia.

Sekolah juga diminta untuk menjadwalkan ulang jam pelajaran.

Sebab KBM tidak mungkin dilakukan secara penuh sejak pagi hingga siang seperti pada biasanya.

Dinkes DIY Masih Lakukan Pengumpulan Data Terkait Angka Kehamilan di Tengah Pandemi

"Paling maksimal hanya 3-3.5 jam. Mungkin juga tidak perlu jam istirahat, jadi (siswa) langsung pulang, guru stand by di sekolah. Bangku tidak boleh berdua. Harus satu-satu," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved