Yogyakarta

Suasana Alun-alun Utara Yogyakarta Sepi pada Idulfitri 1441 H

Ketua PHBI DIY, Muchlas Abror dalam keterangan tertulisnya mengatakan yang menjadi pertimbangan PHBI DIY meniadakan Salat Idulfitri adalah pandemi COV

TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma
Suasana slun-alun Utara Yogyakarta sepi, Minggu (24/05/2020) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Suasana Alun-alun Utara Yogyakarta sepi pada Idulfitri 1441 Hijriah ini. 

Hal ini berbeda dengan tahun lalu, dimana ribuan jamaah memadati Alun-alun Utara Yogyakarta untuk melakukan Salat Idulfitri.

Tahun ini Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Daerah Istimewa Yogyakarta memang tidak menyelenggarakan atau meniadakan Salat Idulfitri 1441 Hijriah.

99 Inspirasi Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Mempererat Tali Silaturahmi di Masa Pandemi

Ketua PHBI DIY, Muchlas Abror dalam keterangan tertulisnya mengatakan yang menjadi pertimbangan PHBI DIY meniadakan Salat Idulfitri adalah pandemi COVID-19 yang saat ini masih berlangsung di DIY.

"Sehubungan dengan adanya pandemi COVID-19, PHBI DIY tidak menyelenggarakan atau meniadakan Salat Idulfitri di Alun-alun Utara Yogyakarta. Termasuk tempat-tempat yang berada di bawah koordinasi PHBI DIY,"katanya belum lama ini.

Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) juga menganjurkan masyarakat untuk melaksanakan Salat Idulfitri di rumah saja. Hal itu agar mencegah penyebaran COVID-19.

Tak Pulang Kampung, Ini Cara Mahasiswa Rantau di Yogyakarta Rayakan Idul Fitri: Melebur Perbedaan

Sebelumnya Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengimbau masyarakat untuk melaksanakan Salat Idulfitri di rumah. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk melakukan halal bi halal atau silaturahmi melalui daring.

"Pada prinsipnya pelaksanaan Salat Idulfitri sudah diatur organisasi keagamaan. Sudah diimbau untuk Salat Idulfitri di rumah. Kita juga sudah sampaikan agar silaturahmi dilakukan dengan jarak jauh, menggunakan aplikasi daring,"ujarnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved