Breaking News:

Yogyakarta

Unik, Lemari Makan Gratis Ajak Warga Jogja Berbagi di Tengah Pandemi Covid-19

Semangat untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 mulai ditunjukkan warga DIY. Upaya gotong royong itu pun terlihat. Diantaranya adanya Lemari Makan

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Miftahul Huda
Pengendara motor antre menanti satu bungkus makan dari Lemari Makan Gratis, Jumat (15/5/2020) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Miftahul Huda

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Semangat untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19 mulai ditunjukkan warga DIY. Upaya gotong royong itu pun terlihat. Diantaranya adanya Lemari Makan gratis.

Idealnya sebuah lemari biasanya berisi pakaian atau barang-barang berharga lain. Namun, oleh Juliani W bersama rekan-rekan lain merubah lemari tersebut sebagai wadah untuk berbagi.

Konsep Lemari Makan itu sendiri hanya berupa lemari kecil berukuran sekitar 1 meter persegi yang siapa pun berhak mengisi dan mengambil makanan.

Antrean panjang pun sempat mengular di Jalan Simanjuntak, Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Mereka rata-rata para driver ojek online (Ojol) serta pengendara lain yang berhenti dan mengambil makanan di lemari unik ini.

Bakal Hidup Berdampingan dengan Virus Corona, Presiden Jokowi Ajak Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

"Sebetulnya idenya dari ibu Juliani, saya hanya koordinator di lapangan wilayah Terban," kata Joy Barata saat dijumpai Tribunjogja, Jumat (15/5/2020)

Ia melanjutkan, ide awal pembuatan Lemari Makan ini dari rasa kepedulian terhadap sesama di tengah Pandemi Covid-19.

Joy mengetahui jika beberapa karyawan swasta banyak yang dirumahkan. Sedangkan pekerja non formal juga kian terpuruk, sementara para driver Ojol juga sepi penumpang.

Supaya masyarakat sama-sama bertahan, Joy bersama Juliani menginisiasi untuk membuat Lemari Makan.

Selain mengajarkan gotong royong, ide tersebut cukup ampuh untuk meningkatkan kepedulian masyarakat.

"Banyak yang mengisi makanan dari masyarakat. Satu hari bisa habis 60-70 bungkus untuk satu titik," imbuhnya.

Warung Gratis Berlanjut, DPP Gunungkidul Salurkan Paket Sayuran Langsung ke Warga

Untuk saat ini, ada beberap titik Lemari Makan gratis yang tersebar di Jogja yang tersebar di Jalan C Simanjuntak, Jalan Bantul, dan Jalan KH. Ahmad Dahlan.

Lemari Makan tersebut baru diisi mulai pukul tiga sore, biasanya, lanjut Joy, sebelum adzan maghrib nasi-nasi tersebut sudah habis diserbu warga.

Bagi masyarakat yang hendak mendonasikan makanan, ia mengatakan supaya datang langsung ke lokasi dan isi sendiri Lemari Makan tersebut.

"Kalau yang mau donasikan uang juga bisa ke rekening BRI atas nama Juliani W dengan nomor rekening 3010-01-022052-53-4. Uang tersebut akan digunakan untuk kebutuhan donasi yang rencananya akan di bagikan dalam bentuk sembako," tegasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved