Bantul

Data Bansos Tunai di Bantul Tidak Tepat Sasaran, Legislatif : Konflik Sosial di Depan Mata

Pemkab Bantul harus bergerak memberikan pemahaman pada masyarakat, supaya konflik sosial yang dikhawatirkan inibtidak terjadi.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - DPRD Kabupaten Bantul angkat suara terkait rancunya data penerima Bantuan Sosial Tunai dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, yang tak tepat sasaran.

Kalangan legislatif menilai, hal tersebut berpotensi menimbulkan konflik sosial.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Bantul, Enggar Suryo Jatmiko menandaskan, polemik ini tentu memusingkan para perangkat desa, yang harus menghadapi potensi konflik sosial di tengah-tengah masyarakat, karena data Bansos Tunai ini jauh dari target.

"Tengok saja penerima Bansos itu, ada dari ASN (Aparatur Sipil Negara), lalu pensiunan, bahkan orang meninggal juga dimasukkan di data," tandas pria yang akrab disapa Miko tersebut, Jumat (1/5/2020) siang.

Alhasil, amburadulnya data ini seperti menempatkan para perangkat desa, seperti lurah, dukuh, hingga RT, dalam situasi sulit.

Data Bansos Tunai dari Kemensos di Bantul Dinilai Rancu

Bukan tanpa sebab, mereka bisa menjadi sasaran amarah warga yang merasa tidak puas dengan data penerima Bansos Tunai itu.

"Warga yang merasa lebih miskin dari ASN penerima Bansos pasti mendatangi perangkat desanya ya, mempertanyakan ketidakadilan ini. Warga kan tahunya yang mengusulkan Bansos itu ya Ketua RT, Kepala Dusun, kemudian Lurah," terangnya.

Padahal, tambah Miko, pemerintah desa sama sekali tidak tahu dan tidak punya kewenangan untuk memverifikasi data dari Kemensos tersebut.

Akan tetapi, menurutnya, dalam situasi seperti ini, masyarakat tidak mau tahu dari mana asal daftar penerima manfaat itu.

"Apalagi, dalam waktu bersamaan, pemerintah desa juga melakukan verifikasi terhadap warga yang akan menerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa," cetusnya.

BREAKING NEWS : Update Covid-19 di DIY, Penambahan 1 Kasus Positif dan 3 Pasien Dinyatakan Sembuh

Halaman
12
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved