Breaking News:

Pendidikan

Ujian Sekolah SMP Digantikan dengan Tes Daring

Sebagian siswa SMP kelas IX telah melaksanakan Ujian Sekolah sejak Senin, 13 April 2020 dan akan berakhir pada Senin, 20 April 2020.

Penulis: Maruti Asmaul Husna | Editor: Ari Nugroho
kompasiana.com
Ilustrasi ujian 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Seiring wabah Covid-19 yang masih merebak, Ujian Nasional bagi siswa kelas IX telah resmi ditiadakan.

Sebagai gantinya, sekolah berhak mengadakan Ujian Sekolah secara mandiri. Ujian Sekolah ini dilakukan secara daring.

Ujian Sekolah hanya salah satu cara penilaian kelulusan dan tidak bersifat wajib bagi semua sekolah.

Sebagian siswa SMP kelas IX telah melaksanakan Ujian Sekolah sejak Senin, 13 April 2020 dan akan berakhir pada Senin, 20 April 2020.

SMPN 1 Kota Yogyakarta adalah salah satu sekolah yang ikut menyelenggarakan Ujian Sekolah.

Kepala SMPN 1 Yogyakarta, Y. Niken Sasanti mengatakan sekolahnya tidak menggunakan istilah Ujian Sekolah, melainkan Tes Daring.

Ujian Nasional Ditiadakan, Sekolah di Kota Yogyakarta tetap Laksanakan Ujian Sekolah

"Kami tetap menyelenggarakan Tes Daring sebab anak-anak sudah siap untuk ujian. Kami tidak ingin anak kecewa karena sejak lama sudah semangat belajar untuk Ujian Sekolah," ujar Niken saat dihubungi Tribunjogja.com, Sabtu (18/4/2020).

Dia menerangkan ada 251 siswa kelas IX di sekolahnya. Mereka semua menjalani Tes Daring melalui platform Google Form yang disiapkan sendiri oleh Tim IT SMPN 1 Kota Yogyakarta.

"Anak-anak tes dari rumah masing-masing menggunakan HP atau komputer sendiri. Sebenarnya kami juga memfasilitasi komputer di sekolah jika ada yang tidak memiliki HP atau komputer di rumah, tapi nggak ada yang pakai. Semua sudah punya sendiri," tutur Niken.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved