Breaking News:

Daftar Pemanis Buatan Pengganti Gula yang Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Memang beberapa jenis gula sebaiknya dihindari, tetapi saat ini sudah tersedia produk pengganti gula yang kandungan kalorinya minimal.

Medical News
Ilustrasi Diabetes Tipe 2 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Makanan manis kerap kali menjadi yang paling dihindari oleh para penderita diabetes. Wajar saja, karena hal itu bisa memperparah kondisi tubuh karena meningkatnya kadar gula dalam darah. Tapi sebenarnya bolehkah pasien diabetes mengonsumsi makanan manis? Tentu saja boleh.

Pada dasarnya tujuan pengaturan makan pasien diabetes adalah untuk menurunkan kadar gula darah mendekati normal dengan menyeimbangkan asupan makanan.

Memang beberapa jenis gula sebaiknya dihindari, tetapi saat ini sudah tersedia produk pengganti gula yang kandungan kalorinya minimal.

Daftar Makanan Berkadar Gula Tinggi yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes

"Anjuran yang terbaik adalah dengan menggunakan kandungan gula yang sangat minimal dalam diet penderita diabetes," ujar Keri Glassman, ahli gizi asal New York.

Produk pengganti gula dapat dijadikan pilihan karena selain menawarkan rasa manis, namun juga mengontrol asupan karbohidrat dan glukosa darah.

Manfaat Konsumsi Jamur Bagi Penderita Diabetes

Jenis gula yang harus dihindari adalah gula murni seperti gula pasir, gula merah, permen, cokelat, selai, madu, sirop, atau susu kental manis.

Berbeda dengan gula tersebut, pemanis buatan dibentuk di laboratorium sehingga tidak mengandung kalori dan tak menaikkan kadar gula darah.

Beberapa jenis pemanis buatan yang aman untuk penderita diabetes antara lain:

1. Sucralose

Sucralose pengganti gula
Sucralose pengganti gula (NET)

Ini adalah jenis pemanis non-nutritif yang tepat untuk pasein diabetes.

Selain itu, meskipun sucralose 600 kali lebih manis dari gula, namun tidak memiliki efek menaikkan gula darah.

Pemanis buatan ini bisa dipakai pada makanan panas atau dingin.

Halaman
123
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved