Update Corona di DI Yogyakarta

Kisah Dokter dan Guru Besar yang Wafat Karena Corona

Sebagian di antaranya bahkan guru besar di bidang kesehatan yang ilmu serta jasanya sangat dibutuhkan bangsa Indonesia. Terutama dalam mengatasi krisi

TRIBUN JOGJA/HO HUMAS UGM
Keluarga dari almarhum Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof.dr.Iwan Dwiprahasto., M.Med.Sc., Ph.D, menaburkan bunga seusai dikebumikan di Pemakaman Sawit Sari UGM, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (24/3/2020). Prof Iwan yang sebelumnya menjadi salah satu pasien positif terjangkit virus Covid-19 meninggal dunia pada Selasa (24/3/2020) dini hari. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Satu di antara fakta paling memilukan di tengah wabah corona di Indonesia adalah berpulangnya para dokter dan tenaga medis.

Dalam waktu yang sangat cepat para pejuang garda depan harus meninggalkan suami/istri, anak, keluarga, dan kerabatnya.

Sebagian di antaranya bahkan guru besar di bidang kesehatan yang ilmu serta jasanya sangat dibutuhkan bangsa Indonesia. Terutama dalam mengatasi krisis ini.

Dari akun Instagram Ikatan Dokter Indonesia (IDI) hingga Sabtu (4/4/2020) telah diumumkan 17 dokter yang wafat dikarenakan virus yang sedang dilawannya.

Penjelasan Dokter Terkait Risiko Penularan Virus Corona dari Jenazah Pasien Positif Covid-19

Di DIY, masih terkenang nama almarhum Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, Guru Besar Farmakologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM.

Beliau menjadi pasien kedua yang positif Covid-19 di DIY. Hal itu diumumkan pada Rabu (18/3/2020).

Setelah menjalani perawatan isolasi selama satu pekan, akhirnya Selasa (24/3/2020) pukul 00.04 WIB beliau mengembuskan napas terakhir di RSUP Dr Sardjito.

Prof Iwan meninggal dalam usia 58 tahun.

Diberitakan sebelumnya oleh Tribunjogja.com, guru besar ini memiliki penyakit penyerta (komorbid) selama berperang dengan Covid-19.

Halaman
1234
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved