Breaking News:

Kota Yogyakarta

DPMP Kota Yogyakarta Berlakukan Pengurusan Izin melalui Sistem Online

Selain aturan tersebut DPMP Kota Yogyakarta menyiapkan beberapa orang yang bertugas untuk membersihkan tempat duduk antrian setiap setelah digunakan o

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kota Yogyakarta memberlakukan pengurusan izin melalui sistem online.

Tujuannya adalah untuk mengurangi tatap muka, sehingga dapat mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan DPMP Kota Yogyakarta.

Kasi Seksi Pendaftaran DPMP Kota Yogyakarta, Wiwin Giri mengatakan meski pelayanan dengan sistem online, pelayanan offline di DPMP Kota Yogyakarta tetap dilayani. Namun dengan adanya COVID-19, ada prosedur pelayanan yang berbeda.

"Sebelum ada wabah COVID-19, pelayanan kami memang sudah menggunakan sistem online. Seperti pengurusan izin reklame. Namun pelayanan di kantor tetap dilayani,"katanya belum lama ini.

Disinyalir Salahi Aturan, Satpol PP Segera Cek Perizinan VHO di Kota Jogja

Untuk menekan penyebaran COVID-19, pengunjung yang datang harus mematuhi beberapa aturan, seperti membuat jarak saat duduk di kursi antrian, setelah itu masyarakat dapat mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer.

Selain aturan tersebut DPMP Kota Yogyakarta menyiapkan beberapa orang yang bertugas untuk membersihkan tempat duduk antrian setiap setelah digunakan oleh pengunjung.

Wiwin melanjutkan, dengan adanya COVID-19, terdapat penurunan pengunjung, terutama izin reklame. Jika hari biasa ada sekitar 15 sampai 20 pengunjung per hari, saat ini hanya sekitar lima pengunjung saja.

"Untuk penurunan kurang lebih 50 persen untuk izin reklame. Masyarakat sudah paham terkait penularan COVID-19. Kebanyakan dari mereka menunda mengurus izin, menunggu kondisi lebih baik,"lanjutnya.

Ia meminta masyarakat yang hendak mengurus izin untuk melakukan secara online. Selain tidak perlu mengumpulkan berkas, pelayanan juga bisa lebih cepat.

Unit Kerja Keimigrasian UGM Memudahkan Mahasiswa Asing Urus Perizinan

Untuk layanan online cetak mandiri masyarakat dapat mengakses laman melalui perizinanonline.jogjakota.go.id.

Adapun layanan yang dapat diakses melalui laman tersebut adalah untuk mengakses izin saluran air limbah, izin saluran air hujan, sertifikat laik fungsi, izin jual daging dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk mengurus izin mendirikan bangunan (IMB), surat keterangan rencana kota (SKRK) bangunan menara, SKRK bangunan reklame, rekomendasi kebudayaan, dan duplikat IMB dapat mengirim surat elektronik melalui imbdpmp@jogjakota.go.id.

"Untuk layanan konsultasi bisa menggunakan aplikasi whatsapp (wa), di nomor 081225700612," pungkasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved