Lifestyle

Tips Dampingi Anak Selama Masa Belajar di Rumah

Keterbatasan aktivitas di rumah dapat menimbulkan kebosanan yang membuat anak menjadi rewel dan membuat orang tua emosional.

tripsavvy.com
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Perkembangan penyebaran Covid-19 yang telah merambah ke berbagai daerah membuat banyak sekolah mulai menerapkan sistem belajar secara daring atau online.

Langkah serupa juga diambil oleh beberapa perkantoran. 

Situasi tersebut memberikan waktu yang lebih banyak bagi keluarga untuk berinteraksi di rumah. 

Namun keterbatasan aktivitas di rumah dapat menimbulkan kebosanan yang membuat anak menjadi rewel dan membuat orang tua emosional, serta memunculkan kebiasaan yang kurang sehat seperti makan dan tidur yang tidak teratur serta penggunaan gadget secara berlebihan.

Dosen Fakultas Psikologi UGM, Sutarimah Ampuni mengatakan kondisi tersebut dapat menimbulkan berbagai pengaruh, baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif.

Disdik Kota Yogya Dorong Orangtua Awasi Proses KBM di Rumah

"Tergantung pada keadaan masing-masing keluarga serta bagaimana keluarga tersebut menyikapinya,” tuturnya Senin (23/3/2020).

Setiap keluarga bisa memilih jenis aktivitas untuk dilakukan bersama selama masa belajar di rumah. 

Orangtua, terutama yang memiliki anak kecil, menurutnya perlu memiliki kondisi fisik dan emosi yang prima untuk bisa mendampingi anak-anak.

"Karena jika anak-anak masih kecil tantangannya adalah melayani mereka baik secara fisik maupun verbal," ungkapnya.

Untuk itu, orangtua harus saling bekerja sama satu sama lain dan mengajak anak yang lebih besar untuk membantu menjaga adiknya atau mengerjakan pekerjaan rumah. 

Halaman
123
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved