Bantul

Kuota Pendaftar Belum Terpenuhi, KPU Bantul Perpanjang Pendaftaran PPS

KPU Kabupaten Bantul memperpanjang masa pendaftaran untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul memperpanjang masa pendaftaran untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa.

Pendaftaran diperpanjang karena kuota minimal pendaftar di puluhan desa belum terpenuhi. 

Ketua Divisi Partisipasi masyarakat dan SDM KPU Bantul, Musnif Istiqomah mengatakan, batas minimal pendaftar di masing-masing desa adalah enam orang pendaftar dan dua di antaranya perempuan.

Menurut dia, hingga penutupan pendaftaran calon PPS pada Senin (24/2/2020), tercatat sudah ada sebanyak 473 orang pendaftar.

Kendati yang mendaftar sudah cukup banyak, tetapi menurutnya ada 33 desa yang belum memenuhi batas minimal pendaftar. 

KPU Bantul Ajak Milenial Untuk Mendaftar Seleksi Calon Anggota PPS

"Sebab itu, untuk pendaftaran calon PPS di 33 desa, KPU Bantul melakukan perpanjangan," kata Musnif, Selasa (25/2/2020). 

Perpanjangan dilakukan selama tiga hari.

Dari tanggal 25 - 27 Februari 2020. Konsekuensi dari adanya perpanjangan pendaftaran, kata Musnif maka akan menggeser tahapan berikutnya, seperti misalnya tes tertulis yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2020 maka akan bergeser menjadi tanggal 4 Maret 2020.  

Kendati demikian, musnif memastikan, pelantikan calon PPS terpilih tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal yaitu ditanggal 22 maret 2020.

"Masa kerjanya selama 8 bulan," ucap dia. 

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

Kordinasi Pak Lurah 

KPU Bantul terus berupaya agar dapat memenuhi kuota pendaftar untuk calon PPS disetiap desa.

Satu di antara caranya, melakukan koordinasi intensif dengan Lurah desa terutama desa-desa yang masih dilakukan perpanjangan atau belum terpenuhi kuotanya. 

Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho menyampaikan, selain untuk mendorong pemenuhan kuota PPS, koordinasi dengan Lurah Desa dilakukan untuk mempersiapkan sekretariat PPS diambil dari perangkat desa setempat.

Kebutuhan sekretariat PPS masing-masing desa sebanyak tiga orang dengan rincian satu orang sebagai sekretaris PPS dan 2 orang sebagai staf sekretariat PPS.

Masa kerja sekretariat ini sama dengan PPS yaitu selama delapan bulan. 

"Dalam menjalankan tugasnya, sekretariat PPS ini diwajibkan tetap  menjunjung prinsip-prinsip penyelanggara pemilihan. Antara lain independent, professional dan berintegritas," ucap dia. (TRIBUNJOGJA.COM)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved