Yogyakarta

Pemda DIY Pertahankan Predikat AA pada SAKIP Award 2019

Predikat ini mentasbihkan Pemda DIY di posisi tertinggi SAKIP selama dua tahun berturut-turut dan belum ada provinsi lain yang menyandang predikat AA.

Pemda DIY Pertahankan Predikat AA pada SAKIP Award 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima penghargaan atas predikat AA pada SAKIP Award 2019, Senin (24/2/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengganjar Pemda DIY atas predikat AA pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Daerah (SAKIP) Award 2019 yang digelar di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/2/2020).

Predikat ini mentasbihkan Pemda DIY di posisi tertinggi SAKIP selama dua tahun berturut-turut dan belum ada provinsi lain yang menyandang predikat AA.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku belum mengetahui nilai dari predikat AA yang diberikan pada SAKIP Award 2019.

KemenPANRB Dorong Instansi Pemerintah Tingkatkan Kualitas Implementasi SAKIP

"Pertanyaan dari saya yang saya belum tahu adalah nilainya. Sekarang nilainya lebih tinggi nggak dengan yang kemarin. Kalau naik kan berarti terus berproses, kalau tetep sama berarti kan tidak ada kenaikan," ungkapnya seusai penyerahan SAKIP Award 2019.

Untuk diketahui bersama, predikat AA yang diterima Pemda DIY pada SAKIP 2018 adalah 90,28.

Keinginan terbesar Sultan saat ini adalah mengetahui capaian nilai untuk memahami kinerja di pemerintahannya meningkat atau stagnan.

"Karena tahun kemarin walaupun AA tapi nilainya 90 sekian. Sekarang jadi 93, 94, 95 kita tidak tahu. Itu mau saya tanyakan. Kalau naik berarti ada proses yang untuk lebih baik," bebernya.

Menteri PAN_RB Tjahyo Kumolo mengatakan dengan adanya SAKIP Award diharapkan dapat mendorong semua Pemda untuk melakukan efisiensi anggaran, efektivitas program, sehingga akuntabilitas kinerja Pemda bisa terwujud.

Ribuan Orang Diprediksi Hadir di SAKIP Award 2019

"Yogya (DIY, red) contohnya, dari 3.000 program lebih bisa diringkas 800 program sehingga output bisa dirasakan masyarakat. Optimalisasi anggaran bisa membangun rumah sakit, bisa membangun lain-lain yang awalnya belum diprogramkan. Ini yang ingin kita dorong," tuturnya.

Tjahyo menegaskan bahwa sebagian reformasi birokrasi tidak hanya urusan penyederhanaan saja, tapi akuntabilitas secara luas melalui peningkatan kualitas SDM yang menjadi fokusnya.

"Kita dorong sesuai dengan kisi-kisi Bapak Jokowi," pungkasnya.

Pada SAKIP Award 2019 yang digelar di Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin (24/2) ini, terdapat kabupaten/kota di 12 Provinsi Regional 3 yang menerima rapor SAKIP.

Adapun untuk Provinsi DIY, kategori BB disabet oleh Kabupaten Gunungkidul, Sementara empat kabupaten/kota yang lain mendapat kategori A yakni Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo, dan Kabupaten Sleman.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved