ADVERTORIAL

Mahasiswa ITNY Ciptakan Kursi Roda dengan Kendali Gestur Kepala

Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menciptakan kursi roda dengan kendali gestur kepala.

Mahasiswa ITNY Ciptakan Kursi Roda dengan Kendali Gestur Kepala
istimewa
Mahasiswa ITNY Ciptakan Kursi Roda dengan Kendali Gestur Kepala 

TRIBUNJOGJA.COM - Penyandang disabilitas dan kelumpuhan seringkali mengalami kesulitan untuk melakukan mobilitas.

Padahal, kemampuan untuk melakukan pergerakan menjadi satu di antara hal yang penting agar penyandang disabilitas maupun kelumpuhan dapat hidup secara mandiri.

Menyadari persoalan tersebut, Tiar Prilian, mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menciptakan kursi roda dengan kendali gestur kepala.

Kursi roda dengan kendali gestur kepala ini merupakan produk dari Tugas Akhir yang disusun oleh Tiar Prilian.

Hadapi Transformasi Perguruan Tinggi, ITNY Lakukan Studi Banding ke UBL dan Untar

Dalam proses pembuatan kursi roda dengan kendali gestur kepala ini, Tiar didampingi oleh Ir. Iyus Rusmana, M.T. dan Trie Handayani, S.T., M.Kom. selaku dosen pembimbing.

Kursi roda dengan kendali gestur kepala ini telah menjalani proses pengujian, dan dinyatakan lulus sebagai Tugas Akhir mahasiswa Prodi Teknik Elektro ITNY.

Menurut Tiar, kursi roda elektrik ini memanfaatkan sensor accelerometer ADXL335 yang dipasang pada kepala pasien sebagai penentu arah pergerakan kursi roda.

Alat ini bisa digerakkan oleh penggunanya tanpa memerlukan bantuan dari orang lain.

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

"Pengguna tinggal menggerakkan kepalanya ke atas, bawah, kiri, dan kanan untuk menggerakkan dan mengarahkan kursi roda," terang Tiar.

Iyus Rusmana selaku dosen pembimbing menambahkan bahwa inovasi ini merupakan inovasi yang bermanfaat bagi khalayak luas.

Produk Tugas Akhir ini juga selaras dengan visi ITNY untuk menjadi Perguruan Tinggi unggulan di bidang teknologi.

"Meskipun memerlukan beberapa penyempurnaan, namun kursi roda elektrik ini diharapkan dapat menjadi kontribusi ITNY dalam mengatasi persoalan mobilitas kaum difabel dan penyandang kelumpuhan alat gerak," terang Iyus. (TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved