Jawa

Pilkada 2020 Kota Magelang, KPU Akan Rekrut 51 Panitia Pemungutan Suara

Ada sebanyak 51 PPS yang akan direkrut, terdiri dari tiga orang yang akan bertugas di setiap kelurahan sebanyak 17 kelurahan.

Penulis: Rendika Ferri K | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Kantor KPU Kota Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang akan membuka pendaftaran untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Magelang Tahun 2020 mendatang.

Ada sebanyak 51 PPS yang akan direkrut, terdiri dari tiga orang yang akan bertugas di setiap kelurahan sebanyak 17 kelurahan.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto, mengatakan, pihaknya akan melakukan perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Magelang Tahun 2020.

Pendaftaran PPS rencananya akan diumumkan pada tanggal 15-24 Februari 2020 mendatang.

"KPU akan membuka pendaftaran PPS. Ada 51 anggota PPS yang akan direkrut. Rencana pendaftaran akan diumumkan pada tanggal 15 Februari 2020 mendatang," kata Basmar, Rabu (12/2/2020).

Bakal Calon Pilkada Kota Magelang dari PDIP Bertambah, Kepala Kemenag Magelang Turut Mendaftar

Basmar mengatakan, 51 PPS itu akan ditempatkan di 17 kelurahan yang ada di Kota Magelang.

Setiap kelurahan akan diisi oleh tiga anggota PPS.

Anggota PPS ini nanti akan bertugas membantu KPU dalam pelaksanaan pemungutan suara di tiap kelurahan.

"Ada sebanyak 51 PPS yang akan direkrut, terdiri dari tiga orang yang akan bertugas di setiap kelurahan, sehingga jumlahnya tiga anggota dikali 17 kelurahan yakni 51 PPS," tuturnya.

Persyaratan umum untuk para pelamar PPS ini sama dengan persyaratan umum pendaftaran PPK.

Beberapa persyaratan adalah WNI, berusia minimal 17 tahun, setia kepada Pancasila dan UUD 1945, memiliki integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil, mampu secara jasmani dan rohani, bebas narkoba, pendidikan minimal SMA atau sederajat.

Calon anggota PPS juga disyaratkan tidak menjadi anggota tim kampanye.

Mereka tidak menjadi anggota partai politik dan dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling singkat lima tahun tak lagi menjadi anggota parpol dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus parpol yang bersangkutan.

KPU Kota Magelang Mulai Rekrut Anggota PPK pada Pilkada 2020 Kota Magelang

"Persyaratan umum sama dengan syarat pendaftaran PPK, termasuk syarat para pelamar harus netral dan tidak terikat dengan keanggotaan partai politik. Pengumuman akan dilakukan setelah masuk tahapan," tutur Basmar.

Sebelumnya, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat, menjelaskan, tahapan pilkada saat ini memasuki pembentukan badan penyelenggara seperti PPK/PPS.

Lalu, pada tanggal 19 sampai 23 Februari 2020 adalah penerimaan berkas dukungan sebagai calon perseorangan.

“Saat ini, nanti paling dekat tanggal 19 sampai 23 Februari adalah proses penerimaan berkas dukungan sebagai calon perseorangan. Tanggal 19 sampai 23, nanti akan ketahuan, apakah ada calon perseorangan atau tidak,” kata Yulianto Sudrajat, Kamis (6/2/2020) lalu, di sela-sela Rapim TNI - Polri Daerah Jawa Tengah Tahun 2020 di Hotel Atria, Kota Magelang.

Selain itu, sekarang masih dalam tahapan pembentukan badan penyelenggara ad hoc yaitu pembentukan PPK/PPS. Proses seleksi sudah berjalan.(TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved