Pendidikan

Mahasiswa UNY Ciptakan Mini Diorama, Media Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah

Diorama juga dilengkapi dengan audio yang menjadikan diorama tersebut seakan-akan nyata sehingga bisa meningkatkan minat belajar.

Mahasiswa UNY Ciptakan Mini Diorama, Media Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah
istimewa
Mahasiswa prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNY merancang media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi mata pelajaran IPS khususnya pendidikan sejarah. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Selama ini pendidikan sejarah dalam mata pelajaran IPS di sekolah dasar (SD) identik sebagai pembelajaran yang membosankan di kelas. 

Penggunaan media yang digunakan oleh guru hanya berupa buku paket, atlas, globe yang mana media tersebut sudah umum digunakan. 

Teknik pembelajaran lebih banyak bertumpu pada pendekatan berbasis guru yang monoton, dan meminimalkan partisipasi peserta didik. 

Untuk itu para guru SD ditantang agar memiliki motivasi, keinginan, antusiasme dan kreatifitas mengembangkan dan meningkatkan kompetensi mengajar melalui pengayaan dan penguasaan berbagai media pembelajaran sejarah pada mata pelajaran IPS. 

Rayakan Dies Natalis ke-59, FT UNY Siap Menuju Kampus Pendidikan Vokasional Kelas Dunia

Berdasarkan pemahaman akan pengertian, nilai dan tujuan sejarah serta kondisi pendidikan sejarah di lapangan.

Oleh sebab itu diperlukan penggunaan media yang kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi mata pelajaran IPS khususnya pendidikan sejarah.

Berangkat dari hal tersebut, Mahasiswa prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan UNY merancang media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi mata pelajaran IPS khususnya pendidikan sejarah.

Mereka adalah Ana Fithrotunnisa, Nurwinda Saputri, Amaylinda Devita Diva Ajidiana dan Siska Arni merancang media pembelajaran IPS yang diberi nama Mini Diorama. 

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

Ana Fithrotunnisa mengatakan mini diorama merupakan sebuah diorama atau miniatur yang berisi peristiwa-peristiwa bersejarah.

Diorama juga dilengkapi dengan audio yang menjadikan diorama tersebut seakan-akan nyata sehingga bisa meningkatkan minat belajar dan pemahaman tentang sejarah pada peserta didik serta  sekaligus merasakan manfaat belajar sejarah. 

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved