Breaking News:

Benarkah Penderita Diabetes Tak Boleh Konsumsi Makanan Manis? Ini Mitos dan Fakta Soal Diabetes

Benarkah penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan manis? Benarkah gula membuat diabetes? Simak paparan berikut yang menjelaskan diabetes

IST/MedGadget
Diagnoptics diabetes menggunakan AGE Reader 

Benarkah penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan manis? Benarkah gula membuat diabetes? Simak paparan berikut yang menjelaskan tentang fakta dan mitos seputar diabetes.

Penyakit diabetes adalah satu di antara penyakit yang memiliki risiko besar, di antaranya bisa menimbulkan kebutaan, berujung amputasi, gagal ginjal, penyakit jantung, dan stroke.

Namun, ada beberapa hal yang masih simpang siur di tengah masyarakat tentang penyakit diabetes.

Penyakit Jantung dan Diabetes Mendekat Jika Anda Tak Doyan Serat

Tribunjogja.com kali ini ingin membagikan informasi dan penjelasan seputar mitos-mitos yang banyak dibicarakan tentang diabetes, dilansir dari laman WashingtonPost.com.

Makan gula membuat diabetes

ilustrasi
ilustrasi (news.pakistan.tv)

Memang benar jika memerhatikan kadar gula adalah hal penting dalam pemeriksaan diabetes. Tapi, apakah gula adalah penyebab seseorang menderita diabetes? 

Sebagai kelainan autoimun, diabetes tipe 1 berkembang sebagai hasil dari risiko genetik dan pemicu yang sulit dipastikan, belum tentu karena mengonsumsi gula atau lainnya.

Sementara untuk diabetes tipe 2 mungkin akan lebih kompleks. Tapi yang jelas kegemukan menjadi faktor penting seseorang berisiko besar terkena penyakit ini, termasuk juga faktor genetik, seperti tipe 1.

Perhatikan, Ini 5 Tanda di Kaki yang Biasa Muncul Sebagai Gejala Diabetes

Dalam beberapa kasus, orang-orang memakan hidangan berlemak dan mengandung gula, tapi tidak menderita diabetes, karena pankreas mereka dapat memproduksi insulin dalam jumlah banyak.

Maka intinya adalah mengonsumsi gula berlebihan tidak membuat seseorang menderita diabetes secara langsung, namun mengonsumsi gula secara berlebihan dapat menaikan berat badan, dan obesitas dapat membuat seseorang berisiko terkena diabetes tipe 2.

Halaman
12
Penulis: Tribun Jogja
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved