Kota Yogyakarta

Bianca Hadir di Perpustakaan Kota Yogyakarta

Pemerintah Kota Yogyakarta bersinergi dengan BI Kpw DIY menghadirkan layanan Bianca (Bank Indonesia untuk Anda) di Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Penulis: Yosef Leon Pinsker | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon Pinsker
Bianca Hadir di Perpustakaan Kota Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta bersinergi dengan Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menghadirkan layanan Bianca (Bank Indonesia untuk Anda) di Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Layanan itu merupakan upaya dari Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta lewat kolaborasi dengan pemerintah untuk meningkatkan literasi masyarakat terutama di bidang ekonomi dan moneter.

Bianca yang ditempatkan pada lantai dua Perpustakaan Kota Yogyakarta itu, sedikitnya mengoleksi sekira puluhan buku eksemplar dengan tambahan ratusan judul dengan genre yang lebih beragam milik Pemkot Yogya.

Bank Indonesia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi DIY Menurun pada 2020

"Kesempatan ini juga kami mintakan untuk dilaksanakan di Pevita (perpustakaan alternatif wilayah selatan) agar pemustaka bisa juga merasakan manfaatnya," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko usai peresmian, Selasa (28/1/2020).

Wahyu menjelaskan, saat ini layanan Bianca masih terbatas dan hanya dapat diakses di tempat.

Namun, pihaknya juga telah menjalankan layanan operasional hingga 24 jam selama tujuh hari di luar libur nasional agar lebih mudah diakses oleh para pembaca.

"Saat ini tingkat kunjungan rata-rata sampai dengan dua hingga tiga ribu orang perhari," jelasnya.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyatakan, pembukaan layanan tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai area aktivitas literasi dalam rangka mengembangkan minat baca.

Pihaknya juga tengah menggalakkan semangat literasi kepada masyarakat dengan menghidupkan program literasi di sejumlah kampung.

Jangkau Sekolah hingga Kampung, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogya Tambah 6 Puspita

"Banyak manfaat yang dirasakan ketika rajin membaca. Bukan hanya menjadi sumber referensi tapi juga jadi acuan dalam berproses dan perlu dibudayakan," ucap Haryadi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Hilman Tisnawan mengatakan, dengan perkembangan informasi dan sumber literasi yang kian pesat masyarakat tetap membutuhkan akses bacaan dalam bentuk fisik. Kehadiran Bianca, diharapkan mampu memperkaya sumber informasi masyarakat khususnya Yogyakarta.

"Kami lihat aktivitas di perpustakaan kota Yogya sudah sedemikian beragam, bukan hanya kebutuhan bacaan tapi juga semakin luas. Kami harapkan layanan ini bisa semakin melengkapi akses dan juga aktivitas pengunjung," urainya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved