Gunungkidul

Longsor di Jurangjero, Ngawen, Gunungkidul Rusak Satu Rumah

Pemilik rumah, Tarso menceritakan, hujan deras terjadi pada hari rabu lalu, dan pada saat ini dirinya sedang bekerja membuat giring atau batu yang dip

Longsor di Jurangjero, Ngawen, Gunungkidul Rusak Satu Rumah
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto
BPBD bersama warga saat melakukan kerja bakti, Kamis (16/1/2019). 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Hujan deras yang mengguyur pada Rabu (15/1/2020) menyebabkan tanah longsor, di Dusun kaliwuluh, Jurangjero, Kecamatan Ngawen.

Akibat dari bencana tanah longsor tersebut satu rumah mengalami kerusakan, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Pemilik rumah, Tarso menceritakan, hujan deras terjadi pada Rabu lalu, dan pada saat ini dirinya sedang bekerja membuat giring atau batu yang dipecah hingga berbentuk persegi, tak jauh dari rumahnya.

"Saat hujan lalu saya pulang sampai rumah saya mendengar suara gemuruh. Setelah saya lihat ternayata batu di tebing sudah longsor dan menimpa rumah bagian belakang sehingga rusak," katanya, Kamis (16/1/2020).

Terdampak Cuaca Ekstrem, BPBD Bantul Catat 210 Kejadian Pohon Tumbang dan Longsor

Tarso bersyukur saat kejadian berlangsung rumah dalam keadaan kosong.

Saat kejadian berlangsung Istri Tarso sedang arisan, dan kedua cucunya sedang bermain di rumah anaknya.

"Saat kejadian memang keadaan rumah dalam keadaan kosong," ujarnya.

Akibat dari kejadiaan ini dirinya harus mengungsi dari rumahnya sementara waktu ke rumah milik anaknya.

"Kalau pindah tidak punya lokasi lain, sebenarnya ya ada sawah tetapi itu untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari," katanya.

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat, Desa Jurangjero, Sriyanto mengatakan, longsor masih menjadi ancaman karena di sekitar lokasi masuk daerah yang rawan.

BREAKING NEWS: Longsor dan Tanah yang Merekah Terjadi Dusun Brongkol Gunungkidul

"Ditambah lagi potensi hujan masih tinggi sehingga memang tingkat kerawanan tinggi. Untuk penanganan longsor dilakukan secara manual dengan alat yang seadanya," katanya.

Sambungnya, saat ini sedang dilakukan pengkajian untuk menurunkan alat berat untuk pembersihan lokasi longsor diharaokan dengan alat berat dapat mempercepat pembersihan material longsor.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki menuturkan, pihaknya telah mendapatkan informasi dan langsung melakukan penanganan tanah longsor di Duaun Kaliwuluh, Desa Jurangjero.

"Kami memberikn bantuan logistik selama pembersihan lokasi dari material longsor berlangsung," katanya.
Pada Kamis pagi, puluhan warga bersama-sama dengan BPBD Gunungkidul, aparat kepolisian, TNI dan tim Muhammadiya Disaster Management Center (MDMC) melakukan kerja bakti untuk membersihkan material longsoran yang masuk ke rumah. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved