Pendidikan

Pakar UGM Beri Masukan Guna Mengatasi Banjir

Pakar UGM memberikan sejumlah masukan untuk mengatasi banjir yang terjadi di ibukota melalui model pengendalian air secara terpadu.

Pakar UGM Beri Masukan Guna Mengatasi Banjir
istimewa
Pakar UGM saat menggelar jumpa pers Senin (6/1/2020) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pakar UGM memberikan sejumlah masukan untuk mengatasi banjir yang terjadi di ibukota melalui model pengendalian air secara terpadu.

Pakar Teknik Sumber Daya Air UGM, Prof. Budi Santoso Wignyosukarto mengatakan bahwa pengelolaan banjir merupakan salah satu bagian dari pengelolaan sumber daya air.

Dalam pengelolaan sumber daya air harus dilakukan terpadu secara hidrologis, mulai dari hulu hingga ke hilir.  

“Kenapa harus dikelola secara terpadu karena ada konflik nilai sosial, ekonomi, lingkungan dan politik didalamnya,” tuturnya, Senin (6/1/2020) saat konferensi pers di Kantor Humas UGM.

Minimalisir Banjir, BPBD Sleman Kembali Imbau Warga Bersihkan Saluran Air

Budi menuturkan banjir di Jakarta terjadi sebagai akibat curah hujan yang cukup tinggi, tetapi drainase internal tidak mampu mengalirkan air dengan baik.

Oleh sebab itu harus dilakukan manajemen air dengan baik.

Selain itu juga manajemen penggunaan tanah untuk daerah resapan air serta manajemen manusia dalam mengelola sumber daya air.

Terkait langkah normalisasi, Budi menyebutkan bahwa hal ini dapat dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengatasi banjir.

Warga Korban Banjir Jakarta Bakal Menggugat Pemprov DKI yang Dinilai Tak Mampu Atasi Banjir

Untuk mendukung upaya normalisasi kedepan saluran drainase harus lebih diperkuat strukturnya dengan beton agar tahan erosi.

“Naturalisasi juga salah satu cara untuk mengatasi banjir. Namun perlu diingat untuk membuat saluran naturalisasi dengan debit besar membutuhkan tampang luas dan apakah Jakarta bisa membuat tampang lebar dengan membuang penduduk di tepi sungai?,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved