Pendidikan

16 Perguruan Tinggi DIY Berkomitmen Kembangkan Kampus Sehat

Sebanyak 16 Perguruan Tinggi di DIY menandatangani komitmen bersama untuk mengembangkan Health Promoting University (HPU) atau kampus sehat.

16 Perguruan Tinggi DIY Berkomitmen Kembangkan Kampus Sehat
Istimewa
Sebanyak 16 Perguruan Tinggi di DIY menandatangani komitmen bersama untuk mengembangkan Health Promoting University (HPU) atau kampus sehat 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sebanyak 16 Perguruan Tinggi di DIY menandatangani komitmen bersama untuk mengembangkan Health Promoting University (HPU) atau kampus sehat.

Sebanyak 16 PT tersebut yakni UGM, Poltekkes Kemenkes, UNY,  UIN Sunan Kalijaga, UPN Veteran Yogyakarta, UII, UKDW, UMY, UAD, UAJY, USD, Unisa, UTY, STIE YKPN, AMIKOM, AKPRIND dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Tim Health Promoting University (HPU) UGM Supriyati mengatakan 16 PT tersebut berkomitmen untuk menyelenggarakan Kampus Sehat untuk mewujudkan lingkungan dan perilaku hidup sehat menuju kampus yang sehat dan sejahtera melalui pendekatan Health Promoting University.

Perguruan tinggi tersebut berkomitmen untuk menyelenggarakan Kampus Sehat melalui empat langkah.

Menristek Dorong Peneliti di Perguruan Tinggi Kembangkan Riset

"Pertama, pendekatan kesehatan secara komprehensif pada tatanan kampus untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan yang optimal dan berkelanjutan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/12/2019).

Kedua, meningkatkan literasi kesehatan dan menerapkan program kampus sehat.

Ketiga, kegiatan kampus sehat mengedepankan upaya promotif dan preventif dalam rangka menjaga dan meningkatkan kesehatan sivitas akademika disesuaikan dengan karakteristik, kemampuan, kemudahan, dan prioritas perguruan tinggi.

Ijazah Harus Cantumkan KTP, LLDikti Wil V Gencarkan Sosialisasi ke Perguruan Tinggi

Terakhir, kegiatan Kampus Sehat dapat dilaksanakan dengan strategi advokasi, kemitraan dan pemberdayaan masyarakat.

"UGM sendiri telah mendeklarasikan sebagai kampus sehat pada bulan Juli 2019," ucapnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved