Pendidikan

Menristek Dorong Peneliti di Perguruan Tinggi Kembangkan Riset

Ia mendorong para peneliti di perguruan tinggi untuk dapat terus mengembangkan riset-riset yang mampu menjawab kebutuhan industri serta masyarakat.

Menristek Dorong Peneliti di Perguruan Tinggi Kembangkan Riset
istimewa
Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro saat mengisi kuliah umum di UGM 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia memiliki kelebihan dalam hal kekayaan sumber daya dengan variasi yang beragam.

Namun, di tengah persaingan global yang semakin berat, menurutnya, kekayaan sumber daya hanya akan menjadi beban jika tidak dikelola dengan benar.

Untuk menjadi negara maju, Indonesia perlu berubah dari efficiency-driven economy menjadi innovation- driven economy.

“Semua sumber daya perlu ditingkatkan nilai tambahnya dengan IPTEK dan inovasi. Inovasilah yang membuat sebuah negara maju,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Rabu (18/12/2019).

Rektor UGM Berhasil Meraih Academic Leader Award Kemenristekdikti 2019

Ia mendorong para peneliti di perguruan tinggi untuk dapat terus mengembangkan riset-riset yang mampu menjawab kebutuhan industri serta masyarakat.

Indonesia memerlukan iptek yang mampu memberikan dampak langsung berupa efisiensi sumber daya sehingga dapat menurunkan biaya produksi dan menciptakan produk-produk baru yang kompetitif di pasar domestik dan global.

Agar para dosen yang memiliki potensi pada penelitian di bidang tertentu dapat fokus pada kegiatan riset, ia mengungkapkan bahwa akan ada jalur peneliti bagi dosen, sehingga mereka tetap bisa mendapatkan kedudukan yang semestinya.

“Banyak yang sebenarnya passion dan kapabilitasnya lebih bermanfaat di penelitian, tapi kalau terlalu sibuk di penelitian dan tidak mengajar tidak bisa naik pangkat. Meski status penelitian itu ada di lembaga dan kementerian, kita ingin kerja sama dengan Dikbud agar itu diperluas ke perguruan tinggi,” terangnya.

Tutorial Super Mudah Menghilangkan Kantong Mata

Industri manufaktur merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia karena banyak menyerap tenaga kerja dan mendatangkan investasi.

Di sektor ini, iptek dan inovasi menjadi aspek yang krusial untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved