Bantul

Pilkada Bantul 2020, 10 Kiai Dorong Kader NU Maju Calon Bantul Satu

Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bantul memastikan akan ikut kontestasi Pilkada 2020.

Pilkada Bantul 2020, 10 Kiai Dorong Kader NU Maju Calon Bantul Satu
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kontestasi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) Bantul 2020 mendatang semakin semarak.

Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bantul memastikan akan ikut berkontribusi mensukseskan pesta demokrasi itu.

Bahkan para Kiai NU telah mendorong kadernya untuk maju sebagai calon Bupati, bukan sebagai calon Wakil Bupati.

"Memang pernah ada kesepakatan. Bukan NU-nya, tetapi para Kiai termasuk didalamnya Kiai NU. Satu komitmen untuk mendukung kader NU hanya untuk Bantul satu, bukan untuk lainnya," kata Rais Syuriah PCNU Kabupaten Bantul, KH Damanhuri, kemarin.

Jelang Pilkada Bantul 2020, Kader Muhammadiyah Siap Ramaikan Bursa Pencalonan

Ia menyebutkan, Kiai yang komitmen membuat kesepakatan itu, jumlahnya ada 10 orang, di antaranya dia sendiri selaku rais syuriah PCNU Bantul, Mantan Rais Syuriah PCNU Bantul Abdul Kholik Syifa, Pemimpin Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem, Kiai Yasin Nawwawi, dan Kiai Khudori.

Disinggung alasan mengapa mendorong kader NU menjadi calon Bupati Bantul, kata Damanhuri karena NU saat ini solid dari tingkat pusat sampai tingkat bawah.

Bahkan diakuinya sampai anak ranting ditingkat Padukuhan. Ia mencontohkan dalam pemilihan umum 2019, kaum nahdliyyin (sebutan bagi warga NU) berhasil mengusung figur Hilmy Muhammad atau Gus Hilmy menduduki kursi DPD RI.

Suara Gus Hilmy dalam pemilu lalu tercatat lebih dari 200 ribu dan diklaim oleh Damanhuri, 50 persen suara tersebut disumbangkan dari Kabupaten Bantul.

"Jadi (dalam Pilkada) arahnya NU dapat memiliki Bupati. Kami optimis kita akan mengungguli yang lain jika kita solid," kata dia.

Sambut Pilkada Bantul, PKB Gandeng NU Bentuk Tim 9

Damanhuri menyampaikan kader NU yang akan didorong maju dalam pilkada Bantul 2020 adalah kader yang dapat membawa aspirasi NU dan mau memperjuangkan warga NU.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved