Kulon Progo

Posyandu Perlu Kelola Data Berbasis Teknologi Informasi

Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu didorong untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara terpadu dalam kegiatannya.

Posyandu Perlu Kelola Data Berbasis Teknologi Informasi
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kulonprogo 

TRIBUNJOGJA, COM, KULON PROGO - Pos Pelayanan Terpadu atau Posyandu didorong untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi secara terpadu dalam kegiatannya.

Sistem Informasi Posyandu (SIP) menjadi jawaban untuk basis data yang lebih terstruktur dan rapi.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk KB) Kulon Progo, Susilo Ari Wibowo mengatakan sudah semestinya Posyandu mendasarkan kegiatannya dengan berbasis teknologi informasi.

Untuk itu, diperlukan basis data yang terstruktur dengan baik dan mempermudah pengelolaan rekam informasi kesehatan dengan SIP.

Lindungi Ibu Hamil, Posyandu Mekar Sari 4 Keden Gencarkan Program Hapi Sakina

"Perlu model pengembangan SIP secara komputerisasi yang dapat mengatasi masalah untuk mempermudah pengelolaan rekam informasi kesehatan di Posyandu," jelas Susilo dalam pelatihan SIP di Ruang Sermo, Kompleks Pemkab Kulon progo, Rabu (6/11/2019).

Dengan adanya pelatihan pengelolaan SIP ini, para kader posyandu nantinya diharapkan bisa menyusun laporan data kegiatan secara tepat guna, cepat, dan aktual. Data ini bisa menjadi informasi yang menjadi acuan penyusunan program kerja.

Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kulon Progo, Dewi Ratnawati mengapresiasi para kader Posyandu yang sudah menyampaikan laporan kesehatannya.

Hal itu menjadi sumber data bagi Dinas kesehatan dalam melakukan intervensi lebih lanjut atas penanganan kesehatan masyarakat.

Ia juga menilai SIP sangat penting sebagai petunjuk dan panduan bagi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam membangun basis data Posyandu.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved