Bantul

Hidupkan Kembali Pasar Seni Gabusan, Pemkab Bantul Gelontorkan Anggaran Rp 1 Miliar

Hidupkan Kembali Pasar Seni Gabusan, Pemkab Bantul Gelontorkan Anggaran Rp 1 Miliar

Hidupkan Kembali Pasar Seni Gabusan,  Pemkab Bantul Gelontorkan Anggaran Rp 1 Miliar
foto : Bramasto Adhy
Pasar Seni Gabusan

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL-- Pasar Seni Gabusan (PSG) yang berada di jalan Parangtritis Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon segera ditata kembali.

Pemerintah Kabupaten Bantul menggelontorkan anggaran kurang lebih satu miliar.

"Anggaran penataan PSG baru awal sekitar satu milyar. Berikutnya, berapapun, akan saya benahi untuk menambah penghasilan ekonomi rakyat," kata Bupati Bantul Drs Suharsono.

Proses penataan Pasar Seni Gabusan saat ini sudah mulai dikerjakan. Bagian depan, tampak sudah dibongkar. Sejumlah bangunan juga terlihat mulai diperbaiki dengan cara pengecatan ulang.

Suharsono menjelaskan di dalam Pasar Seni Gabusan nantinya akan dihidupkan kembali, diberi tempat agar orang-orang bisa berjualan. Ada kerajinan, industri, hingga kuliner.

"Pak Pong dan Ingkung di situ nanti ada. Pokoknya nanti apa yang ada di Bantul baik kerajinan dan makanan khas ada di situ semua," kata dia.

Karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi, Wadah Kesenian Nusantara di Kabupaten Sleman

Purnawirawan perwira menengah dari Polda Banten itu mengaku Pasar seni Gabusan nantinya akan diramaikan. Ia tidak akan melarang bagi siapapun yang mau berjualan.

"Saya yakin rakyat ada yang mau jualan bakso, Camcao, silahkan. Tidak saya larang. Yang penting jaga kebersihan," ujarnya.

Bangunan Liar Bakal Ditertibkan

Selain ditata, Suharsono juga akan melakukan penertiban di seputar kawasan Pasar Seni Gabusan. Menurut dia, banyak bangunan rumah, terutama yang berada di sisi utara dan timur, dibangun secara ilegal atau tanpa izin.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved