ADVERTORIAL

ITNY Ikut dalam Pengangkatan Potensi Air dari Perut Bumi di Dasar Gua Jomblang Ngejring

Bersama Pokmas Suka Tirta dan TDP,potensi air berhasil terangkat pada Senin (7/10/2019) subuh setelah upaya panjang dilakukan.

ITNY Ikut dalam Pengangkatan Potensi Air dari Perut Bumi di Dasar Gua Jomblang Ngejring
istimewa
Tim Gapadri Mapala Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) terlibat dalam upaya pengangkatan potensi air dari perut bumi di dasar Gua Jomblang Ngejring, Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah. 

TRIBUNJOGJA.COM, WONOGIRI - Tim Gapadri Mapala Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) terlibat dalam upaya pengangkatan potensi air dari perut bumi di dasar Gua Jomblang Ngejring, Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah.

Bersama Kelompok Masyarakat Desa Gendayakan (Pokmas Suka Tirta) dan Tim Tanggap Darurat PADASUKA (TDP), potensi air berhasil terangkat pada Senin (7/10/2019) subuh setelah upaya panjang dilakukan.

Upaya ini bermula dari laporan Pokmas Suka Tirta terhadap TDP yang sedang melakukan aksi sosial untuk bencana kekeringaan di wilayah Kecamatan Paranggupito, tentang adanya luweng (gua vertikal) yang dimungkinkan menyimpan kandungan air bersih.

Dari sini, Ketua Tim TDP, Kiai Mohammad Wiyanto (Gus Yayan) menggandeng tim Gapadri Mapala Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY).

Grebek Pasar Isuzu Traga, Lebih Dekat ke Konsumen

Setelah dilakukan dua kali survei secara intensif selama berhari-hari oleh tim teknis dan tim ahli dari ITNY, dinyatakan kandungan air yang berhasil ditemukan itu layak dieksplorasi untuk kepentingan masyarakat.

Terhitung sejak Jumat (4/10/2019) tim Gapadri Mapala ITNY yang didampingi oleh PADASUKA dan Pokmas Suka Tirta, memulai tugas lanjutnya, yakni menaikkan air dari dalam perut bumi tersebut.

Berbagai persiapan dan teknis telah dilakukan, mulai dari pemasangan lintasan untuk menuruni kedalaman gua sedalam 180 meter, pemasangan mesin pompa, pipa, dan lain sebagainya.

Pada Sabtu (5/10/2019) berhasil dipasang mesin pompa di salah satu bagian bawah dinding gua.

Pemasangan dilakukan oleh Malolo cs dan dipandu langsung oleh Dosen Mesin ITNY, Sulaiman Tampubolon, ST, M Eng, serta dibarengi pula dengan pemasangan pipa tahap awal.

Keesokan harinya, menyusul dilakukan pekerjaan teknis lanjutan secara maraton sampai siang hari.

Teknik Pertambangan ITNY Menyabet Juara Umum di SMG 2019

Halaman
123
Penulis: Amalia Nurul F
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved