Advertorial

BUMD dan BUKP DIY Bantu Sumur Bor dan Air Bersih di Gunungkidul

Lebih lanjut ia juga mengajak seluruh warga masyarakat untuk bergotong royong dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi bencana kekeringan.

BUMD dan BUKP DIY Bantu Sumur Bor dan Air Bersih di Gunungkidul
internet
BPD DIY 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Forum Komunikasi Badan Usaha Milik Daerah (Forkom BUMD) DIY yang beranggotakan PT Bank BPD DIY, PT Tarumartani dan PT Anindya Mitra Internasional (AMI) bersama-sama dengan Badan Usaha Kredit Pedesaan (BUKP) dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) DIY menyalurkan bantuan pembuatan sumur bor dan air bersih di wilayah Kecamatan Gedangsari dan Kecamatan Nglipar, Gunungkidul.

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Kepala BPKA DIY, Bambang Wisnu Handoyo yang juga selaku pembina BUMD DIY didampingi oleh jajaran pimpinan BUMD DIY kepada Kepala Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari dan Kepala Desa Katongan, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul pada Selasa (8/10/2019).

Bambang Wisnu menyampaikan bahwa bantuan pembuatan sumur bor di Desa Hargomulyo merupakan bentuk kepedulian dan dukungan pemerintah dan BUMD DIY kepada masyarakat di Desa Hargomulyo khususnya Dusun Jatibungkus dalam mengatasi kesulitan air bersih.

RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Kirim Bantuan Air Bersih 400 Tangki ke Gunungkidul

“Masyarakat dengan pemerintah secara bersama-sama harus mencari solusi jangka panjang untuk mengatasi masalah kekurangan air bersih yang terjadi tiap tahun, salah satunya dengan pembuatan sumur bor ini,” katanya

Lebih lanjut ia juga mengajak seluruh warga masyarakat untuk bergotong royong dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi bencana kekeringan.

Menurutnya, warga masyarakat tidak bisa terus menerus bergantung kepada bantuan dropping air bersih saat musim kemarau datang.

“Dengan adanya sumur bor ini, kami berharap masyarakat secara swadaya bisa mengelola dan memanfaatkanya dengan baik untuk memenuhi kebutuhan air dalam jangka panjang,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Forkom BUMD DIY yang merupakan Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kekurangan air secara berkesinambungan yang tidak sekali habis.

“Kami berharap mata air dari sumur ini bisa terus mengalir serta masyarakat mampu memelihara dan mengatur penggunaan air dengan baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan air untuk jangka panjang," katanya.

Selain itu, Forkom BUMD dan BUKP DIY juga menyalurkan 100 tangki air bersih yang didistribusikan kepada warga masyarakat di Desa Hargomulyo, Gedangsari sebanyak 25 tangki dan 75 tangki untuk Desa Katongan, Nglipar, Gunungkidul.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved