Pendidikan

Mahasiswa UNY Kenalkan Metode Participatory Action Research

Permainan ini didesain secara menarik dengan memadukan belajar dan bermain menjadi satu dengan sentuhan teknologi.

Mahasiswa UNY Kenalkan Metode Participatory Action Research
istimewa
Mahasiswa UNY Kenalkan Metode Participatory Action Research 

TRIBUNJOGJA.COM - Kemampuan literasi sangat berhubungan erat dengan cara membaca dan menulis Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Lingkungan siswa harus mendukung adanya gerakan literasi baik dari orang tua, guru, dan masyarakat.

Satu diantara cara mendukung literasi bagi siswa, diantaranya dengan permainan huruf balok, membaca dongeng, menonton video pembelajaran, menyimak dongeng, dan memfasilitasi media pembelajaran interaktif pengenalan alphabet.

Untuk mendukung gerakan literasi, sekelompok mahasiswa UNY, yang terdiri dari Alif Nurrahman Prodi Teknologi Pendidikan, Tri Wahyuni Prodi Pendidikan Luar Sekolah, Nawa Prasetyo Prodi Pendidikan Teknik Elektro serta Neneng Thoyyibah dan Bondan Raharjo Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, mengenalkan alphabet pada siswa usia dini dengan menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR).

Keceriaan Pedagang dan Juragan Sayur Berjoget Ria di Grebek Pasar Isuzu Traga 2019 Magelang

Menurut Alif Nurrahman, dengan alphabet suasana belajar akan lebih menyenangkan dan menambah semangat belajar anak dalam mengenal warna, suara, huruf, jika dalam proses belajar menerapkan visualisasi yang menarik.

Sesuai dengan sifat dasar manusia dimana proses belajar akan lebih mudah dan lebih cepat mempelajari sesuatu dalam bentuk visual-verbal.

"Pengenalan alphabet merupakan pengenalan literasi dasar untuk anak usia dini yang menekankan pada pola pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan media pembelajaran agar belajar lebih menyenangkan, efektif, dan efisien," ungkapnya

Arif menerangkan, permainan ini didesain secara menarik dengan memadukan belajar dan bermain menjadi satu dengan sentuhan teknologi.

Dukung Antar Kegiatan, Para Kepala Sekolah SMA/Sederajat di DIY Jalin Kerjasama dengan UNY

"Dengan demikian materi-materi yang disampaikan akan dengan sendirinya lebih mudah di mengerti dan dipahami oleh anak-anak," katanya.

Nawa Prasetyo menjelaskan, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat permainan ini diantaranya daun, tanah liat dan lidi.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved