Pendidikan

UNY Peringati Hari Olahraga Nasional

Dalam Haornas ke 36 ini, tema yang ingin dibawa UNY yakni olahraga dimanapun, kapanpun.

UNY Peringati Hari Olahraga Nasional
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Peringatan Haornas di UNY yang diselenggarakan pada 13 September 2019 di Stadion Atletik UNY. 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 2500 peserta, yang terdiri dari 1.500 mahasiswa baru Afirmasi dan Bidikmisi UNY serta 1000 Dosen dan Tendik di UNY mengikuti upacara dan senam bersama dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diadakan di Stadion Atletik UNY pada Jumat (13/9/2019).

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa menerangkan dalam Haornas ke 36 ini, tema yang ingin dibawa UNY yakni olahraga dimanapun, kapanpun.

Menurutnya olahraga telah menjadi instrumen penting bagi pembangunan budaya dan karakter bangsa.

Sutrisna menyampaikan jika ada beberapa hal yang ingin disampaikan dalam peringatan Haornas tahun ini.

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Pertama, melalui senam bersama, akan melahirkan fisik sekaligus jiwa yang sehat.

Dari fisik dan jiwa yang sehat tersebutlah kinerja dapat terus ditingkatkan.

"Jiwa dan fisik sehat untuk meningkatkan kinerja. Hanya yang sehat yang bisa bekerja dengan baik. Itu perlu olahraga dimana saja dan kapan saja," ungkapnya

Kedua, berkaitan dengan karakter, dimana olahraga tidak hanya bisa menciptakan jiwa dan badan yang sehat, namun juga pembinaan karakter.

Mahasiswa UNY Ciptakan CANTIK Bath Bomb, Pencegah Bakteri Sekunder pada Penderita Cacar Air

Selanjutnya yakni dengan dikumpulkannya seluruh peserta, yang berasal dari segala penjuru Indonesia diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Lewat olahraga juga untuk pembinaan karakter. Ketiga, dinamika Indonesia saat ini sedang teruji yang ada di Papua, karena itu kita harap dengan berkumpulnya peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia bisa meningkatkan persatuan dan kesatuan NKRI, sehingga tidak ada perbedaan satu dengan lain, kita bersama," katanya.

Sutrisna menjelaskan, untuk mahasiswa Afirmasi sendiri setidaknya terdiri dari 250 peserta yang berasal dari Papua dan daerah 3T lainnya.

Menurutnya lewat kegiatan ini UNY ingin menghadirkan Indonesia mini.

Mahasiswa UNY Rancang Smartoblin, Alat Bantu untuk Kemandirian Tuna Netra

"Kita ingin ada Indonesia mini di UNY. Jadi keragaman itu harus kita pupuk terus. Kita harus beragam, dengan keberagaman itu bagaimana kita bersatu," terangnya.

Menurut Ketua Panitia Haornas UNY, Abdul Alim pelaksanaan peringatan Harornas di UNY merupakan momentum untuk menggelorakan semangat semangat berolahraga di tanah air, sekaligus sebagai semangat bersama untuk membudayakan olahraga dimana saja, kapan saja serta memperkuat pondasi sistem keolahragaan nasional secara keseluruhan.

"Dengan olahraga diharapkan dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam aktivitas olahraga seperti sportivitas, disiplin, kebersamaan serta kebiasaan hidup aktif dan sehat dalam kehidupan sehari-hari," katanya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved