Pendidikan

Dukung Antar Kegiatan, Para Kepala Sekolah SMA/Sederajat di DIY Jalin Kerjasama dengan UNY

Disdikpora DIY berpesan agar para kepala sekolah bisa terus mendorong anak didiknya untuk bisa meningkatkan kompetensi.

Dukung Antar Kegiatan, Para Kepala Sekolah SMA/Sederajat di DIY Jalin Kerjasama dengan UNY
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Rektor UNY saat memberikan sambutan pada sosialisasi PMB UNY 2020 dan perjanjian kerjasama antar dengan SMA/sederajat di DIY, pada Senin (16/9/2019) di Auditorium UNY. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemilihan program studi pada saat memasuki dunia perkuliahan harus diperhitungkan secara matang jauh-jauh hari.

Pemilihan prgram studi dan minat yang kurang tepat, bukan hanya memperlama masa studi, namun juga menghambat kemajuan bagi mahasiswa itu sendiri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji saat sosialisasi PMB UNY serta penandatanganan kerjasama bersama 450 SMA/sederajat di DIY yang diselenggarakan di Auditorium UNY pada Senin (16/9/2019) mengungkapkan jika pemilihan program studi sangat penting bagi siswa, yang mana sekolah sendiri juga harus mewadahi hal tersebut.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

"Tanpa infomasi yang lengkap bisa jadi dia bisa masuk ke Perguruan Tinggi tetapi tidak bisa keluar. Walaupun kemampuan akademik tidak terlalu tinggi, tapi kalau kuliah sesuai dengan kompetensi maka bisa ikut mata kuliah dengan baik dan lulus tepat waktu. Anak supaya tidak salah pilih, benar-benar bisa memilih sesuai dengan bakat minat dan kemampuan," terangnya pada Tribunjogja.com.

Aji menyampaikan, pihaknya terus berpesan agar para kepala sekolah bisa terus mendorong anak didiknya untuk bisa meningkatkan kompetensi.

Khusus untuk SMK, Aji menerangkan walaupun nantinya banyak yang memilih untuk langsung bekerja, namun tidak ada salahnya di tahun kedua anak bisa sambil mengambil kuliah untuk bisa meningkatkan kompetensi.

"Lulusan SMK yang kuliah baru 12%, 68% bekerja dan sisanya masa tunggu. Harapannya yang dalam masa tunggu ini kita himbau untuk kuliah. Karena tanpa meningkatkan kompetensi baik S1 maupun D4 siswa tidak akan bisa meniti karir dengan baik sesuai potensinya," katanya.

Jurnal Cakrawala Pendidikan UNY Raih Peringkat I Sinta Award

Berkenaan dengan kerjasama yang dilakukan antara sekolah-sekolah jenjang SMA/sederajat yang ada di DIY ini dimaksudkan agar nantinya ketika anak ingin memilih program studi yang ada di UNY, bisa terfasilitasi dengan baik.

"UNY memfasilitasi, ada SMA dan SMK pada saatnya nanti pada saat memilih Perguruan Tinggi, anak masuk ke UNY sudah tahu betul prodi dan fakultas sesuai dengan minat bakat dan kemampuan," ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Margana menjelaskan, kegiatan sosialisasi dan penandatanganan kerjasama yang dilakukan hari ini bertujuan untuk merapatkan barisan antara UNY dengan sekolah mitra dalam penerimaan mahasiswa baru.

“Ketika menjadi sekolah mitra maka ada poin tambahan bagi siswa antara 10-20 poin hingga bisa menambah kompetensinya. Untuk tahun 2019 UNY memiliki 3.094 mahasiswa dari DIY yang merupakan 39,1% dari total mahasiswa baru UNY. Oleh karena itu kami berharap agar para kepala sekolah untuk menyampaikan sosialisasi lebih awal pada siswa," ungkapnya.

UNY Peringati Hari Olahraga Nasional

Selain itu, Margana juga menyampaikan jika tahun lalu ada 350 sekolah yang backlink dengan UNY sehingga semua informasi yang ada dapat diakses langsung oleh siswa dengan mudah.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengatakan UNY sebagai salah satu LPTK tidak kehilangan khittah sebagai universitas, dimana prioritas utama pada pendidikan khususnya guru dan pengembangan ilmu pendidikan.

Menurutnya, saat ini UNY tidak lagi memiliki program vokasi D3 namun berubah menjadi D4 yang merupakan Sarjana Terapan.

"Program D4 ini adalah multi entry dan multi exit, dimana peserta boleh masuk tahun berapapun asal memenuhi syarat dan bisa keluar pada tahun pertama, kedua, ketiga atau keempat. Ini adalah program fleksibel yang dicanangkan pemerintah," katanya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved