Pendidikan

Jurnal Cakrawala Pendidikan UNY Raih Peringkat I Sinta Award

Melalui penghargaan ini, diharapkan dapat menghilangkan ketergantungan terhadap penggunaan sistem pengindek publikasi dari luar negeri.

Jurnal Cakrawala Pendidikan UNY Raih Peringkat I Sinta Award
istimewa
Jurnal Cakrawala Pendidikan UNY Raih Peringkat I Sinta Award 

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah berhasil memenuhi persyaratan, terindeks Scopus, memiliki nilai H-5 indeks, dan dampak tertinggi yang terdata dalam SINTA, Jurnal Cakrawala Pendidikan yang dikelola oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) UNY berhasil meraih Peringkat I dalam ajang Science and Technology Index (SINTA) Award 2019.

Penghargaan SINTA Award sendiri merupakan apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), terhadap upaya yang dilakukan kalangan peneliti dan akademisi dalam mendorong peningkatan publikasi dan jurnal.

Lebih lanjut, melalui penghargaan ini diharapkan dapat menghilangkan ketergantungan terhadap penggunaan sistem pengindek publikasi dari luar negeri.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

Burhan Nurgiyantoro, Ketua Redaktur Jurnal Cakrawala Pendidikan, menyatakan jurnal ilmiah adalah roh dan eksistensi sebuah Perguruan Tinggi.

Keberadaan jurnal ilmiah yang bereputasi menjadi satu di antara tolak ukur kinerja dan atmosfer akademik di Perguruan Tinggi.

"Keberhasilan Cakrawala Pendidikan sebagai jurnal yang terindeks Scopus merupakan kebanggaan tersendiri bagi UNY secara kelembagaan," ungkapnya.

Burhan mengatakan, capaian tersebut, merupakan keberhasilan bersama seluruh Pengelola Cakrawala Pendidikan dengan dukungan penuh dari Pimpinan UNY.

UNY Peringati Hari Olahraga Nasional

Ke depan, timnya akan terus berupaya meningkatkan kinerja dan komitmen untuk keberlangsungan pengelolaan jurnal.

Sutrisna Wibawa, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada Ketua Redaktur dan semua anggota redaktur Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan contoh nyata bagi para pengelola jurnal yang ada di UNY untuk berbenah dan meningkatkan kualitasnya.

"Harapannya semakin banyak jurnal-jurnal di UNY yang dapat terindeks Scopus sehingga mampu memfasilitasi para dosen untuk sosialisasi dan diseminasi hasil-hasil penelitian dan pemikiran untuk pengembangan ilmu pengetahuan," katanya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved