Yogyakarta

Pemda DIY Gelar Seminar dalam Upaya Pengusulan KGPAA Pakualam VIII Sebagai Pahlawan Nasional

Seminar regional ini menjadi salah satu tahap sebelum surat tertulis terkait usulan gelar pahlawan KGPAA Pakualam VIII diajukan ke pemerintah pusat.

Pemda DIY Gelar Seminar dalam Upaya Pengusulan KGPAA Pakualam VIII Sebagai Pahlawan Nasional
istimewa
Sejumlah narasumber Seminar Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional KGPAA Pakualam VIII di Hotel Inna Garuda, Kamis (5/9/2019) berfoto bersama usai membubuhkan tanda tangan di atas replika buku testimoni. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Upaya Pemda DIY mengakomodir usulan gelar pahlawan untuk GPAA Pakualam VIII direalisasikan melalui seminar regional di Hotel Inna Garuda, Malioboro, Yogyakarta, Kamis (5/9/2019).

Seminar regional ini menjadi salah satu tahap sebelum surat tertulis terkait usulan gelar pahlawan KGPAA Pakualam VIII diajukan ke pemerintah pusat.

Dalam seminar tersebut, dihadirkan sejumlah pihak yang dinilai punya kapasitas dalam memberi kesaksian, masukan dan kritisi terkait peran KGPAA Pakualam VIII sebagai seorang pahlawan nasional.

Mulai dari tokoh budaya, sejarawan, olahragawan, militer, para akademisi dari perguruan tinggi, masyarakat umum, para kepala dinas dan juga para kerabat keraton.

Ferayi Usulkan Paku Alam VIII Sebagai Pahlawan Nasional

Kepala Dinas Sosial DIY, Untung Sukaryadi di sela acara seminar menyampaikan, usulan agar KGPAA Pakualam VIII sudah dilakukan sejak 22 tahun lalu.

Mereka yang mengusulkan ada sejumlah tokoh budaya dan tokoh masyarakat utamanya di lingkup DIY.

Dinas Sosial di sini memposisikan diri sebagai pihak yang akan mengakomodir usulan tersebut ke pihak pusat.

“Usulan agar KGPAA Pakualam VIII diakui sebagai pahlawan nasional ini sudah muncul sejak 22 tahun lalu. Kami sudah mengumpulkan data pendukung guna menguatkan fakta terkait peran KGPAA Pakualam VIII sebagai pahlawan nasional. Sudah diwujudkan dalam buku “Sang Adipati” berisi testimoni dan aspirasi kepahlawanan beliau,” kata Untung menjelaskan.

Kehadiran para narasumber dalam seminar kali ini menurut Untung akan semakin menguatkan fakta bahwa KGPAA Pakualam VIII benar-benar punya peran konkrit sebagai seorang pahlawan nasional.

Diantaranya, berkaitan dengan masa persiapan kelahiran NKRI pasca-Proklamasi Kemerdekaan RI menggema pada 17 Agustus 1945 silam. Juga sejumlah peran beliau di bidang lainnya.

Halaman
123
Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved