Gunungkidul

Disdikpora Gunungkidul Akan Terapkan Tanda Tangan Digital

Pengembangan implementasi tanda tangan digital ke depan dapat mempermudah siswa atau orangtua siswa yang hendak melakukan legalisir.

Disdikpora Gunungkidul Akan Terapkan Tanda Tangan Digital
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Setelah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul yang telah menggunakan tanda tangan digital, kini giliran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul berencana terapkan tanda tangan digital.

Menurut Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rosyid, pengembangan implementasi tanda tangan digital ke depan dapat mempermudah siswa atau orangtua siswa yang hendak melakukan legalisir.

Dengan adanya tanda tangan digital ini, orangtua siswa tidak perlu menunggu kepala sekolah yang sedang bertugas keluar sekolah.

"Kami sedang berkoordinasi dengan Kominfo Gunungkidul dalam pembuatan aplikasi tanda tangan digital. Pada arahnya nanti, aplikasi tanda tangan elektronik diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari sekolah ataupun dari dinas," ucapnya pada Tribunjogja.com, Minggu (18/8/2019).

Palette X Wardah: Tutorial Make Up ke Kondangan yang Antiribet

Namun sambung Bahron, untuk tahap awal penerapan tanda tangan digital akan digunakan untuk hal-hal sederhana terlebih dahulu, seperti menandatangani surat keterangan, rotasi guru, dan surat pengangkatan.

"Awalnya digunakannuntuk menunjang kinerja guru, kepala sekolah, kepala bidang, dan kepala dinas dulu. Masyarakat juga bisa mendapatkan pelayanan ini. Dengan catatan berkas yang dimaksud masuk dalam kategori non blanko. Untuk tanda tangan ijazah tentu tidak bisa, yang bisa ya surat atau hal-hal yang non blanko sifatnya penting," papar dia.

Bahron menyampaikan dengan diberlakukan tanda tangan digital tidak perlu menunggu yang bersangkutan tanda tangan.

"Kalau saya atau kepala sekolah sedang tugas keluar tidak perlu menunggu, karena di handphone aaya akan keluar verifikasi dan otomatis berkas langsung ada tanda tangan saya," paparnya.

Pemkab Gunungkidul Mulai Libatkan Penyandang Disabilitas dalam Pembangunan

Sementara itu, Kepala Diskominfo Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengungkapkan, penerapan program baru ini nantinya diharapkan juga dapat diterapkan pada e-raport, meski saat ini baru dalam penerapan ketugasan administrasi guru dan PNS lainnya.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved