Yogyakarta

Berikut Nama-nama Calon Terpilih Anggota DPRD DIY Pemilu 2019

Sebanyak 55 anggota DPRD DIY periode 2019-2024 dari tujuh dapil telah ditetapkan lewat rapat pleno terbuka yang digelar Sabtu (10/8/2019).

Berikut Nama-nama Calon Terpilih Anggota DPRD DIY Pemilu 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Susilo Wahid
Rapat pleno terbuka menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) DIY pada Pemilu 2019 di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/8/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY menggelar rapat pleno terbuka menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) DIY pada Pemilu 2019 di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/8/2019).

Daari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, sebanyak 55 anggota DPRD DIY periode 2019-2024 dari tujuh dapil telah ditetapkan lewat rapat pleno tersebut.

Sementara dari perolehan kursi calon terpilih anggota DPRD DIY, PDI P mendominasi perolehan kursi dengan total 17 kursi.

Diikuti Gerindra, PKS dan PAN dengan masing-masing tujuh kursi.

Uniknya Sego Penggel Khas Kebumen di Watoe Gajah

PKB dengan enam kursi, Golkar lima kursi, Nasdem tiga kursi dan masing-masing satu kursi diperoleh PPP, PSI dan Partai Demokrat.

PBB, Perindo, Berkarya dan Garuda tak memperoleh kursi.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan, proses rapat pleno berjalan lancar dan nyaris tanpa kendala.

Hanya perwakilan partai Golkar, yang dalam rapat sempat meminta penjelasan terkait peringkat satu di antara calegnya asal Gunungkidul bernama Marsiono yang meninggal.

Atas hal ini, KPU memberikan penjelasan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum PKPU yang berlaku.

Soal Pengurangan Durasi Kampanye Pilkada, Ini Tanggapan KPU Bantul

"Proses penggantian calon terpilih sudah dilakukan melalui forum. Bahwa peringkat perolehan suara yang bersangkutan (alm Marsiono) dihilangkan namun suara untuk partai tetap dihitung. Penggantinya adalah suara dengan peringkat suara sah berikutnya. Penggantinya adalah Rany Widayati. Keputusan ini sudah diterima perwakilan partai Golkar saat rapat pleno," kata Hamdan.

Halaman
12
Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved