Pemilu

KPU Gunungkidul Tetapkan 45 Anggota Dewan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul akhirnya telah menetapkan 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul.

KPU Gunungkidul Tetapkan 45 Anggota Dewan
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto
KPU Gunungkidul akhirnya menetapkan 45 anggota dewan terpilih dari pemilu 2019, anggota dewan ditetapkan di hotel Cyka Raya, Senin (22/7/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIUL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul akhirnya telah menetapkan 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul.

Penetapan tersebut dihadiri perwakilan dari partai politik peserta Pemilu 2019.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan penetapan seharusnya sudah dilakukan beberapa waktu lalu tetapi baru saat ini dilakukan penetapan anggota dewan.

Lemari Lila Padukan Kain Batik dan Desain Kasual

"Sempat ada pengunduran waktu penetapan karena keluarnya surat KPURI untuk menunda karena belum ada surat dari penitera Mahkamah Konstitusi (MK). Pada tanggal 16 Juli lalu keluar surat jawaban dari MK, lalu tanggal 17 Juli keluar surat untuk menetapkan calon terpilih, dan hari ini sudah kami tetapkan" katanya pada Tribunjogja.com, Senin (22/7/2019).

Hani menuturkan, perolehan kursi anggota dewan didomminasi oleh partai politik dari PDIP dengan perolehan 10 kursi, disusul Nasdem dengan perolehan 9 kursi, dan PAN sebanyak 6 kursi.

"Sesuai dengan perundang-undangan no 10 tahun 2016, syarat pencalonan pasangan calon buati dan wakill adalah memperoleh 20 persen dari kursi di DPRD. Jika dihitung maka minimal ada sembilan kursi, sehingga PDIP dan Nasdem dapat mencalonkan bupati sendiri," katanya.

Sementara itu Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Kuntartiningsih mengatakan, berkurangnya kursi yang didapat pada Pemilu 2019 merupakan pukulan berat dan harus segera dilakukan evaluasi di internal partai PDIP.

Harga Tinggi, Petani di Gunungkidul Buru-buru Memanen Cabainya

"Ini pukulan berat mengingat kader kami menjadi pemenang pemilu presiden, kita mempunyai PR yang berat mengingat pada tahun 2020 mendatang kita akan menghadapi Pilkada. Di saat perolehan kursi turun harus segera dilakukan evaluasi," katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan mengatakan, keberlangsungan pemerintahan dan kehidupan berbangsa dan bernegara di Gunungkidul dapat terjaga dengan baik selama pemilu 2019.

"Ada beberapa wajah baru di DPRD bisa menjadi support dan lebih semngat lagi, saya harap kedepan kerjasama lebih efisien dan efektif untuk mewujudkan masyarakat Gunungkidul dari segi ekonomi, sosial, dan budaya," katanya.

Selain itu Immawan mengapresiasi berlangsungnya Pemilu 2019 di Gunungkidul karena dapat berlangsung dengan damai sehingga bisa dijadikan investasi politik yang disadari bersama.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved