Yogyakarta

Bentuk Tim Khusus, Kemenpora Gelar Kajian eSport di Yogyakarta

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar 'Kajian Lintas Perspektif eSports, dalam Paradigma Olahraga Indonesia' di Yogyakarta.

Bentuk Tim Khusus, Kemenpora Gelar Kajian eSport di Yogyakarta
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Tim pengkaji dan narasumber 'Kajian Lintas Perspektif eSports, dalam Paradigma Olahraga Indonesia', di Hotel Alana, Sleman, Senin (5/8) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM - Perkembangan eSport di Indonesia masih terus memunculkan pro dan kontra.

Perdebatan pun seringkali muncul, apakah eSports masuk dalam kategori olahraga atau tidak, meski keberadaannya dewasa ini, sudah semakin diakui dunia.

Terang saja, hal tersebut menyedot perhatian dari kalangan pemerintah, khususnya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dengan menggelar 'Kajian Lintas Perspektif eSports, dalam Paradigma Olahraga Indonesia', di Yogyakarta, 5-6 Agustus.

5 Rekomendasi Mie Ayam di Jogja, dari yang Super Pedas sampai Buka Tengah Malam

Dalam agenda yang bergulir di Hotel Alana, Sleman itu, Kemenpora menggandeng tim pengkaji dari berbagai perspektif, mulai sosiolog, pakar pendidikan, hukum, ekonomi hingga kesehatan, yang akan membahas fenomena eSport ini secara mendetail.

"Ini upaya pemerintah, untuk menyiapkan langkah dan regulasi ke depan, terkait eSport," ucap Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional Kemenpora, Aris Subiyono, Senin (5/8/2019) malam.

Ia memahami, lantaran berasal dari berbagai bidang, di kalangan tim pengkaji pasti akan muncul pro dan kontra dalam mengambil keputusan.

Tetapi, dirinya berharap, perbedaan pendapat ini jangan sampai menggerus unsur persatuan dan kesatuan.

SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Piala AFF U-18 2019, Indonesia vs Filipina, Live SCTV

"Jadi, terus terang, jangan sampai ya, kajian ini malah menimbulkan perpecahan. Pro dan kontra itu wajar lah, karena masing-masing punya dasarnya. Tapi, kita harus tetap solid," tambahnya.

Aris pun mengakui, perkembangan eSport di Indonesia sudah sedemikian pesat.

Sebagai bukti, meski bersifat eksibisi, Indonesia sukses meraih satu medali emas via eSports, di kancah Asian Games 2018 lalu.

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved