Kota Yogya

Warga Warungboto Tunggu Giliran Penataan Kumuh

Sekitar 24 warga Warungboto yang terdampak telah melakukan pengeprasan bangunan rumah secara mandiri, yakni mundur 3 meter dari bibir sungai.

Warga Warungboto Tunggu Giliran Penataan Kumuh
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengajak Forbidas Warungboto mengunjungi lokasi penataan kawasan kumuh di Mujamuju, Senin (5/8/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta memperlihatkan penataan kawasan kumuh di bantaran Sungai Gajahwong, tepatnya sepanjang Jembatan Gembira Loka hingga Jembatan Balirejo, Kelurahan Mujamuju, Kecamatan Umbulharjo pada anggota Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai (Forsidas) Warungboto, Senin (5/8/2019).

Anggota Forsidas Warungboto, Umi Asih mengaku senang atas kunjungan tersebut.

Ia mengatakan bahwa ia dan warga lain telah lama menunggu giliran penataan kawasan kumuh.

Palette: Tips Merawat Wajah Saat Musim Panas

"Ini ada lampu hijau setelah Mujamuju lalu Warungboto. Kami menanti dan menunggu agar perekonomian kami meningkat, kesehatan meningkat, dan kenyamanan juga meningkat. Kami punya situs Gajahwong yang kental dengan heritage. Berharap dengan situs itu dapat membawa berkah ke lingkungan kami," urainya kepada Tribunjogja.com, di sela-sela kunjungan.

Sembari menunggu penataan, sekitar 24 warga Warungboto yang terdampak telah melakukan pengeprasan bangunan rumah secara mandiri, yakni sesuai aturan mundur 3 meter dari bibir sungai.

"Ngepras mandiri karena kami sadar di bantaran sungai itu kami belum punya sertifikat. Sukarela mundur 3 meter. Tapi masih ada sekitar 11 rumah yang belum mundur," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono mengatakan bahwa pengerjaan di Mujamuju tersebut telah mencapai 70 persen.

Lepas dari Kemiskinan, Warga Sleman Diminta Ubah Pola Pikir

Target pengerjaan tiga bulan ke depan atau tepatnya November, seluruh pekerjaan telah selesai.

Termasuk tersambungnya akses jalan dari Jembatan Gembira Loka menuju Jembatan Balirejo.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved