Pemilu 2019

Rapat Pleno KPU Kota Yogya Tetapkan Kursi dan Calon Terpilih DPRD Kota Yogyakarta

Menurut Widodo, ada 40 anggota DPRD Kota Yogyakarta periode 2019-2024 dari lima dapil telah ditetapkan lewat rapat pleno.

Rapat Pleno KPU Kota Yogya Tetapkan Kursi dan Calon Terpilih DPRD Kota Yogyakarta
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 2019 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menetapkan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta lewat Pemilu serentak 2019 yang digelar di Hotel Santika, Yogyakarta, Senin (22/7/2019) berjalan lancar.

“Hari ini (Senin) kita menetapkan perolehan kursi (parpol) dan calon terpilih. Tidak ada keberatan baik dari para saksi maupun dari pihak Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu). Selanjutnya kita bagikan PH (Penetapan Hasil) kepada peserta pemilu dan Bawaslu,” kata Ketua KPU Kota Yogyakarta, Hidayat Widodo.

KPU Kota Yogya Pastikan Gaji PPS Diberikan Setelah SPJ Clear

Menurut Widodo, ada 40 anggota DPRD Kota Yogyakarta periode 2019-2024 dari lima dapil telah ditetapkan lewat rapat pleno.

Setelah ditetapkan, nama-nama tersebut akan diserahkan ke Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk selanjutnya akan dilakukan pelantikan untuk periode lima tahu mendatang.

“Seluruh caleg terpilih sudah menyerahkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara). Hasil penetapan juga sudah kami unggah ke sistem informasi perhitungan di KPU RI. Sementara sejauh ini tidak ada gugatan untuk KPU Kota Yogyakarta. Semua tahapan juga berjalan lancar,” kata Widodo.

Hasil Penghitungan Suara KPU Kota Yogyakarta Pemilu 2019, Capres-Cawapres Hingga Caleg Lolos

Sementara berdasar hasil rapat pleno kemarin, PDI Perjuangan memperoleh kursi terbanyak yaitu 13 kursi, menurun dari perolehan periode 2014 lalu sebanyak 15 kursi.

Selanjutnya PAN 6 kursi, Partai Gerindra 5 kursi, PKS 5 kursi, Partai Golkar 4 kursi, Partai NasDem 4 kursi, Partai Demokrat 2 kursi dan PPP 1 kursi.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved