Sleman

Tebing Breksi, Bekas Lokasi Tambang yang Sukses Jadi Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta

Kawasan Tebing Breksi yang di tahun 2015 hanya dikunjungi rata-rata 10 sampai 20 orang perhari kemudian meningkat sampai ratusan orang per hari tahun.

Tebing Breksi, Bekas Lokasi Tambang yang Sukses Jadi Destinasi Wisata Favorit di Yogyakarta
TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI
TEBING BREKSI. Wisatawan menikmati suasana di kawasan wisata Tebing Breksi, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (29/5/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Lebih dari tiga dekade sejak tahun 1980 hingga 2015, sebagian warga Sambirejo, Prambanan, Sleman mengandalkan hasil tambang dari sebuah tebing batuan breksi sebagai sumber mata pencaharian mereka.

Menambang jadi satu-satunya upaya yang bisa dilakukan di atas tanah pelungguh (kas desa) tersebut karena kontur tanah yang keras dan nyaris tak bisa ditanami.

Di tengah aktifitas tambang, muncul ketertarikan akademisi dari beberapa kampus ternama di Yogyakarta seperti UPN Veteran Yogyakarta dan UGM Yogyakarta sekitar tahun 2000 untuk meneliti Tebing Breksi.

Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa tebing breksi di Sambirejo merupakan endapan abu vulkanik gunung api purba yang masuk dalam kategori langka di dunia.

5 Rekomendasi Mie Ayam di Jogja, dari yang Super Pedas sampai Buka Tengah Malam

Hingga akhirnya awal tahun 2015 keluar Surat Keputusan (SK) dari Kementrian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) yang menerangkan bahwa Tebing Breksi masuk kawasan konservasi geoheritage.

SK ini menjadi penegas, bahwa kawasan tebing breksi tak bisa lagi dilakukan penambangan karena masuk dalam kawasan yang dilindungi negara.

Dinas Pariwisata DIY bergerak membidik tebing breksi sebagai target pengembangan wisata.

Bantuan sebuah bangunan amphitheater dibuat, sebagai perangsang tumbuhnya kawasan wisata tebing breksi.

Peresmian yang dilakukan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X tahun 2015 kemudian semakin menegaskan transisi kawasan tambang breksi menjadi lokasi wisata.

Butuh perjuangan ekstra untuk mengenalkan Tebing Breksi.

Halaman
123
Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved