Pengumuman SBMPTN, Mahasiswa Baru UNY Diminta Tekun dengan Pilihannya

Dari total 38.007 peserta tersebut, terdiri dari 25.779 peserta yang memilih soshum serta 12.228 peserta memilih saintek.

Pengumuman SBMPTN, Mahasiswa Baru UNY Diminta Tekun dengan Pilihannya
IST/Youtube UNY Official
Rektor UNY saat bernyanyi hip hop bersama Marzuki “Kill The DJ” Mohamad yang menjadi viral 

TRIBUNJOGJA.COM - Pengumuman Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi diumumkan pada Selasa (9/7). Dari hasil tersebut, diketahui tahun ini, sebanyak 38.007 peserta SBMPTN mendaftarkan diri ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dari total 38.007 peserta tersebut, terdiri dari 25.779 peserta yang memilih soshum serta 12.228 peserta memilih saintek.

Setya Raharja, Kepala Admisi UNY menerangkan, untuk jumlah pendaftar SBMPTN jalur bidikmisi ada sebanyak 11.101 peserta. Sedangkan 26.906 sisanya mendaftarkan diri lewat jalur reguler.

Dia mengungkapkan, ada 9 prodi di UNY dengan peminat lebih dari 1.000 orang. Prodi dengan peminat terbesar ditempati oleh manajemen, yakni sebesar 2.546 peminat. Posisi kedua PGSD, dengan 1.695 peminat, ketiga ditempati Ilmu Komunikasi dengan 1.562 peminat.

"Selanjutnya Psikologi dengan 1.437 peminat, Akuntansi 1.391 peminat, Teknik Sipil 1.205 peminat, Teknik Informasi 1.167 peminat, Administrasi Negara 1.151 peminat, serta Pendidikan Teknik Boga dengan 1.008 peminat," jelasnya.

Menurut Setya, setiap tahunnya tren peminat prodi di UNY selalu berubah-ubah. Namun, dengan hadirnya prodi manajemen, prodi-prodi yang berkaitan dengan pendidikan agak terkalahkan.

"Prodi pendidikan ada yang dikalahkan, itu sudah beberapa tahun terakhir, begitu manajemen muncul. Tahun ini PGSD nomor 2. Kehadiran jurusan baru memberi dinamika pendidikan di UNY, tapi tidak selalu nomor satu manajemen, berbeda-beda setiap tahun," ungkapnya

Ke depan, Setya berharap bagi mahasiswa yang sudah diterima di UNY dapat konsisten dan menekuni prodi yang sudah dipilih. Agar tidak merugikan peserta lain yang tidak diterima.

"Harapan mahasiswa baru ketika kuliah, yang menekuni apa yang sudah dipilih. menyelesaikan secara konsisten. Itu pilihan yang agar tidak merugikan yang lain yang belum diterima, semisal dua pindah di tengah-tengah perkuliahan," katanya. (may)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved