Bantul

KPU Bantul Mulai Lakukan Proses Pemutakhiran Data Pemilih

Jelang persiapan pilkada 2020, KPU Bantul melakukan penyusunan daftar pemilih berkelanjutan.

KPU Bantul Mulai Lakukan Proses Pemutakhiran Data Pemilih
Dokumentasi KPU Bantul
KPU Bantul melakukan pembukaan kotak untuk mengambil data pemilih yang ada di formulir A.DPK (Daftar Pemilih Khusus), Senin (8/7/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Jelang persiapan pilkada 2020, KPU Bantul melakukan penyusunan daftar pemilih berkelanjutan.

Untuk itu pembukaan kotak untuk mengambil data pemilih yang ada di formulir A.DPK (Daftar Pemilih Khusus) pun dilakukan pada Senin (8/7/2019).

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan didasarkan pada surat dinas KPU RI Nomor 942 tertanggal 25 Juni 2019.

 

5 Rekomendasi Mie Ayam di Jogja, dari yang Super Pedas sampai Buka Tengah Malam

"Surat KPU RI itu memerintahkan kepada KPU kabupaten/kota untuk melakukan pembukaan kotak dan mengambil formulir model A.DPK-KPU sebagai bahan pemutakhiran berkelanjutan," katanya pada Tribunjogja.com.

Lanjutnya, daftar pemilih berkelanjutan ini akan menjadi bahan penyusunan daftar pemilih untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Tahun 2020.

Bagi KPU Bantul, proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini cukup penting untuk memastikan keakuratan data pemilih sebagai bahan untuk Pilkada 2020 nanti.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto Ajak Masyarakat Awasi Pemutakhiran DPT Pemilu 2019

Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Bantul, Arif Widayanto menambahkan, kegiatan pemutakhiran daftar pemilih selain mengumpulkan data DPK juga untuk mengecek kembali daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019, terutama pemilih-pemilih yang masuk kategori tidak memenuhi syarat (TMS).

"Semua data pemilih yang masuk dalam ketegori DPK selanjutnya akan diinput melalui sistem informasi data pemilih (Sidalih)," katanya. Jika ada data pemilih DPK yang elemen datanya kurang lengkap, maka KPU Bantul akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bantul untuk melengkapinya.

Pembukaan kotak rekap PPK dan pengambilan formulir A.DPK tersebut juga disaksikan oleh Kepolisian Polres Bantul, Bawaslu Bantul serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bantul.(*)

Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved