Setelah Dapat Token, Ini tahapan Selanjutnya untuk Mendaftar PPDB Online SMA 2019

Pengambilan token bagi lulusan yang berasal dari DIY di salah satu SMA/SMK Negeri di DIY pada 20, 21, 24 dan 25 Juni 2019.

Setelah Dapat Token, Ini tahapan Selanjutnya untuk Mendaftar PPDB Online SMA 2019
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Ratusan orangtua dan calon peserta didik tampak mengantre untuk menyerahkan berkas guna mengambil token di SMAN 3 Yogyakarta, Kamis (20/6/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK di DIY dimulai hari ini, Kamis (20/6/2019).

Sebelum pelaksanaan pendaftaran PPDB Online dimulai, calon peserta didik wajib melakukan verifikasi berkas untuk mengambil token.

Pengambilan token bagi lulusan yang berasal dari DIY di salah satu SMA/SMK Negeri di DIY pada 20, 21, 24 dan 25 Juni 2019.

Dari pantauan Tribunjogja.com di SMAN 3 Yogyakarta, ratusan orangtua dan calon peserta didik tampak mengantre untuk menyerahkan berkas guna mengambil token.

Seorang warga Gunungketur, Anne, mengaku sudah datang ke SMAN 3 Yogyakarta sejak pagi sekira pukul 07.00 WIB.

"Sudah antre dari pukul 07.00 WIB dan dapat nomor antrean 68," katanya.

Anne berencana mendaftarkan anaknya lewat Jalur Zonasi dengan pilihan zona satu di SMAN 3 Yogyakarta, SMAN 9 Yogyakarta dan SMAN 10 Yogyakarta.

Dengan adanya perubahan petunjuk teknis (Juknis) PPDB Online SMA/SMK menyebutkan bahwa, khusus jenjang SMA, dalam satu kelurahan memiliki tiga sekolah di dalam zona satu, Anne mengaku dengan banyak pilihan sekolah juga semakin banyak persaingan.

"Sebelum juknis direvisi cuma bisa daftar SMAN 3 Yogyakarta. Sekarang banyak saingan tapi juga banyak kemungkinan diterima karena banyak pilihan sekolah," lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmata Baskara Aji mengungkapkan setelah mendapatkan token, maka calon peserta didik dapat melakukan pendaftaran PPDB secara online sesuai jadwal yakni pada 24-26 Juni 2019.

Aktivasi Token untuk mendaftar dan memilih sekolah melalui situs PPDB Online dengan alamat http://ppdb.jogjaprov.go.id dengan memasukkan nomor peserta UN dan Token yang tertera pada lembar tanda bukti verifikasi akun untuk membuat password.

Sedangkan hasil seleksi PPDB Online jenjang SMA/SMK akan diumumkan pada Jumat, 28 Juni 2019

"27 Juni itu untuk seleksi kami. Butuh waktu sehari untuk mengumumkan kalau nanti ada sekolah yang jumlah peserta didik sisa tempat atau masih kosong, maka sistem kami mencari anak dengan pilihan yang tidak di sekolah itu tapi dari zona terdekat, hal ini supaya optimal semua terisi," ucapnya. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved