Yogyakarta

FKY 2019 Bakal Digelar Bulan Depan

Setelah berjalan selama 30 tahun, pada tahun ini Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) resmi berubah menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY).

FKY 2019 Bakal Digelar Bulan Depan
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Panitia Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2019 saat berkunjung ke Kantor Tribun Jogja 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Setelah berjalan selama 30 tahun, pada tahun ini Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) resmi berubah menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY).

Ketua Umum Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019, Paksi Raras Alit mengatakan, berubahnya nama ini didasari oleh kesadaran untuk memelihara dan mengembangkan apa yang selama ini telah ada.

"Konsekuensi nyata dari perubahan nama tersebut adalah festival ini tidak hanya fokus pada seni saja,"  ujarnya saat berkunjung ke Kantor Tribun Jogja pada Selasa (18/6/2019).

Musisi Jepang Tampil di FKY 30

Melainkan menjadi tumbuh dan berkembang sehingga mencakup juga obyek-obyek kebudayaan lainnya yang tercantum dalam Perdais Nomor 3 Tahun 2017 yaitu nilai-nilai budaya, pengetahuan dan teknologi, bahasa, adat istiadat, tradisi luhur, benda, dan tentu saja obyek kebudayaan berupa seni.

Obyek-obyek kebudayaan tersebut akan diproyeksikan dalam beberapa program utama FKY 2019 yang akan diselenggarakan pada 4 - 21 Juli 2019 di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul.

Hadir dengan ciri khas berbeda, kali ini FKY 2019 mengambil tema besar 'Mulanira' yang merepresentasikan semangat untuk kembali.

Mulanira merupakan kata dalam bahasa jawa yang berarti muasal/ pada awalnya/ wiwitan/ penciptaan/ kelahiran.

4 Hal Tak Biasa yang Bisa Dilakukan di FKY 30

"Tema tersebut memiliki makna kembali ke asal mula. Apa yang sebelumnya ditetapkan, mengalami pergeseran yang menuntut kemampuan jawaban tiap generasi," kata dia.

Hal tersebut dipandang mampu menggambarkan kondisi Yogyakarta sebagai ruang yang terbuka terhadap ragam gagasan dan kebudayaan.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved