Pendidikan

Sebanyak 816 Calon Peserta Didik Telah Mengurus Penambahan Nilai

Sebanyak 816 calon peserta didik telah mengurus penambahan nilai prestasi non akademik di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

Sebanyak 816 Calon Peserta Didik Telah Mengurus Penambahan Nilai
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Orangtua dan calon peserta didik saat mengurus penambahan nilai prestasi non akademik di Disdikpora DIY beberapa waktu yang lalu 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 816 calon peserta didik telah mengurus penambahan nilai prestasi non akademik di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY.

Penambahan nilai non akademik tersebut dapat digunakan untuk mendaftar jalur prestasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 jenjang SMA/SMK DIY.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY, Didik Wardaya mengatakan, sebanyak 816 calon peserta didik yang telah mengurus penambahan nilai tersebut belum tentu seluruhnya akan mendaftar di jalur prestasi.

Kadisdikpora DIY : PPDB 2019 Jauh Lebih Friendly

"Artinya mereka (816 calon peserta didik -red) punya piagam prestasi non akademik yang dapat digunakan untuk menambah nilai, tetapi nantinya belum tentu digunakan," ujarnya pada Jumat (14/6/2019).

Didik mengungkapkan, pihaknya juga telah memberikan pemahaman kepada orangtua calon peserta didik perihal ketatnya persaingan di jalur zona prestasi, mengingat daya tampungnya hanya 5 persen saja di setiap sekolah.

"Yang tidak punya tambahan prestasi, tapi nilai (Ujian Nasional) nya bagus, nilai diatas 320 kan boleh mendaftar. Jadi kesempatan anak yang bisa mendaftar jalur prestasi itu lebih dari 10.900 an, artinya yang punya nilai di atas 320 itu cukup banyak," kata dia.

Ia menjelaskan, ketika calon peserta didik akan menggunakan jalur prestasi pada pilihan pertama, sedangkan untuk pilihan kedua menggunakan jalur zonasi, maka anak tersebut akan kalah dengan pendaftar yang menjadikan sekolah tersebut sebagai pilihan pertama.

Nilai USBN Matematika Tingkat SD Anjlok, Dinas Pendidikan Kota Yogya Akan Evaluasi

"Sistem akan memilih anak-anak yang menempatkan sebagai pilihan satu dulu dihabiskan," ungkapnya.

Maka dari itu, dalam menentukan pilihan jalur PPDB 2019 secara tepat sangatlah penting.

Ia mengimbau kepada calon peserta didik agar berhati-hati dalam menentukan pilihan jalur PPDB dan juga dalam menentukan pilihan sekolah.

"Jadi utamakan selamatkan dulu di jalur zonasinya sendiri," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved